Sabtu, 1 November 2014

BBM subsidi dikonsumsi industri

| 1.813 Views
id bbm bersubsidi, pertamina, bbm subsidi, mobil industri
BBM subsidi dikonsumsi industri
Solar (FOTO ANTARA/Saiful Bahri)
...70 hingga 80 persen solar ...
Balikpapan (ANTARA News) - Pertamina Unit Pemasaran (UPms) VI melaporkan 70 hingga 80 persen solar bersubsidi dikonsumsi oleh kendaraan yang seharusnya membeli solar non subsidi seperti kendaraan operasional tambang dan perkebunan.

"Itu hasil survai kami di SPBU-SPBU di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur hingga pertengahan Juni 2012 ini," kata Asisten Manajer Eksternal Pertamina UPms VI Bambang Irianto di Balikpapan hari ini.

"Yang ekstrem itu terjadi di SPBU di Kalsel yang didominasi truk. Kami memang melakukan survei di SPBU yang padat antrean kendaraan dan dekat dengan kegiatan industri pertambangan," ungkap Bambang.

Hal yang serupa terjadi di Kalimantan Timur, namun tidak menggunakan truk. Di Kaltim yang antre lebih banyak, yaitu mencapai 70 persen mobil-mobil roda empat industri dan 30 persen sisanya baru truk beroda 6, tronton, dan trailer.

Truk-truk ini mengantre BBM bersubsidi hingga 4-6 kali sehari dengan membeli hingga penuh tangkinya, antara 100-200 liter.

"Seperti di SPBU A Yani Km 17, Gambut, Kalimantan Selatan, yaitu SPBU Nomor 64.706.05. Di situ yang antre 85 persen truk beroda 6 yang sangat kuat diduga atau terindikasi industri. Bahkan mereka melakukan pengisian bisa sehari 3-4 kali di lokasi SPBU yang sama," terang Bambang Irianto.
(ANT-NVA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga