Rabu, 30 Juli 2014

Jokowi: isu pendidikan dan kesehatan tidak pernah usang

Jumat, 29 Juni 2012 16:12 WIB | 1.977 Views
Jokowi: isu pendidikan dan kesehatan tidak pernah usang
Joko Widodo menunjukkan Kartu Jakarta Sehat (ANTARA/Zabur Karuru)
Jakarta (ANTARA News) - Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan kesehatan dan pendidikan adalah kebutuhan mendasar manusia yang harus diperhatikan.

Untuk itu, isu tentang kesehatan dan pendidikan tak akan pernah usang, sebaliknya kedua hal itu harus terus diangkat agar tak diabaikan.

"Kesehatan dan pendidikan yang gratis itu merupakan tuntutan paling mendasar dari kebutuhan manusia," katanya disela kampanye di Kampung Sawah, Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, Jumat.

"Untuk apa menciptakan hal-hal baru dengan gegabah jika kebutuhan dasar masyarakat tidak terpenuhi?" ujarnya.

Hal ini disampaikan Jokowi untuk menanggapi penilaian yang menyebutkan program yang dikampanyekan cagub nomor urut tiga ini tidak memiliki unsur kebaruan.

Menurut Jokowi, dengan memberikan pelayanan pendidikan gratis hingga tingkat SLTA, maka kualitas SDM akan meningkat sehingga dapat meningkatkan taraf hidup.

Untuk masalah kesehatan, Jokowi mengatakan tak ada manusia di dunia ini yang ingin sakit, tetapi ketika cobaan itu datang manusia harus siap menghadapi dan mengatasinya.

"Nggak ada orang yang mau sakit, tapi kalau diberi cobaan sakit oleh Tuhan, harus siap. Oleh karena itu tugas pemerintah adalah memberikan kemudahan kepada rakyatnya untuk dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan cepat, terjangkau dan nggak ribet," katanya.

Program yang diusung oleh Jokowi adalah Kartu Sehat untuk menjamin masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan gratis, Kartu Pintar untuk mendapatkan pendidikan gratis hingga tingkat SLTA, dan menciptakan birokrasi bersih.

"Sekarang siapa yang berani bilang kalau mewujudkan birokrasi yang bersih bebas korupsi itu usang?" katanya.

(A060)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga