Karawang (ANTARA News) - Ribuan seniman dari lima kota/kabupaten di Jawa Barat memeriahkan Kirab Seni Budaya Jawa Barat Zona Budaya Wilayah Melayu Betawi, di Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Sabtu.

Dalam kegiatan tersebut, para seniman Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Karawang menampilkan berbagai kesenian khas daerahnya masing-masing.

Untuk seniman dari Karawang menampilkan seni helaran Larung Bumi yang merupakan seni munculnya syiar Islam di Karawang dan seni gelar peradaban Tarumanagara.

Sedangkan para seniman dari Kabupaten Bogor menampilkan tiga seni helaran, yakni Seni Gubrag, Seni Badungkol dan Seni Dogjringprak. Seniman dari Kota Depok menampilkan pagelaran tiga kesenian yakni Seni Ngarak Topeng, Seni Pencak Silat dan Seni Gambang Kromong.

Kemudian para seniman dari Kabupaten Bekasi menampilkan Seni Ngarak Panganten, Seni Topeng Ajeng dan Seni Parade Garebug, dan para seniman Kota Bekasi menampilkan Seni Tanjungan, Seni Tari Topeng Tunggal dan Seni Barongsai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Nunung Sobari, mengatakan, kegiatan Kirab Seni Budaya Jawa Barat tersebut merupakan pemberian ruang bagi para seniman untuk berkreasi, dan memotivasi untuk memelihara dan merawat kesenian daerahnya masing-masing.

"Saat ini, dari 234 jenis seni budaya Jawa Barat, terdapat beberapa kesenian budaya Jawa Barat yang hampir punah karena tidak adanya regenerasi untuk mempertahankan seni kebudayaan asli suku sunda ini," kata dia.

Atas hal itu, dengan kegiatan kirab budaya sunda tersebut diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan budaya dan seni sunda yang hampir punah dan tersusupi oleh kebudayaan asing.

(KR-MAK/Z002)