Rabu, 1 Oktober 2014

35 cedera akibat gempa di Xinjiang

Minggu, 1 Juli 2012 11:53 WIB | 2.774 Views
Urumqi (ANTARA News) - Sebanyak 35 orang cedera, dan lebih dari 64.500 orang terkena dampak dari gempa dengan kekuatan 6,6 skala Richter yang mengguncang wilayah otonomi Uygur, Xinjiang, China barat laut pada Sabtu pagi (30/6).

Gempa tersebut  mengguncang daerah pegunungan di sepanjang perbatasan kabupaten Hejing dan Xinyuan pukul 05.07 waktu setempat, yang diikuti oleh beberapa gempa susulan dengan kekuatan 3,0 sampai 4,0 SR, kata pemerintah Prefektur Otonomi Ili Kazak.

Menurut penyelidikan awal, hingga Sabtu malam, gempa telah menewaskan 2.000 ternak dan merusak lebih dari 30.000 rumah.

Otoritas kereta juga menghentikan 32 layanan kereta barang dan penumpang yang beroperasi di daerah yang terkena gempa.

Gempa itu juga memicu tanah longsor dan mengakibatkan beberapa jalan raja nasional dan regional tertimbun di Xinjiang, sehingga arus lalu lintas terhenti, demikian laporan Xinhua. Tanah longsor di Jalan Raya Nasional 217 telah memerangkap 120 orang.

Pemerintah regional mengatur upaya pertolongan gempa dan mengharuskan pemerintah lokal memastikan korban gempa selamat, serta memperoleh tempat berteduh dan pasokan pangan.

Pemerintah lokal telah memulai mempersiapkan bantuan, membagikan bantuan darurat dan menempatkan kembali orang yang jadi korban gempa.

Pusat Jaringan Gempa China (CENC) telah melancarkan reaksi darurat tiga tingkat setelah gempa tersebut.

Kementerian Urusan Sipil juga telah mengirim bantuan yang meliputi tenda dan selimut ke daerah yang diguncang gempa. Kerugian dan kerusakan akibat gempa itu masih dihitung dan upaya pertolongan sedang dilakukan, kata kementerian tersebut.

Banyak ahli mengatakan wilayah yang diguncang gempa, yang berada sekitar 3.500 meter di atas permukaan laut itu, adalah daerah geologi aktif sepanjang sejarah.

Dua gempa dengan kekuatan 7,0 pada Skala Richter telah mengguncang wilayah itu sejak 1900.

(C003/A011)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga