Senin, 20 Oktober 2014

Kebakaran hutan TNDS berhasil dikendalikan

| 6.401 Views
id kebakaran hutan, kapuas hulu, sumatera barat
Kami tentu berharap air tetap mengalir selama musim kemarau ini
Pontianak (ANTARA News) - Kebakaran hutan yang terjadi di sekitar kawasan Taman Nasional Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, berhasil dikendalikan oleh tim tanggap darurat yang dibentuk pemerintah daerah setempat.

"Kebakaran yang melanda Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) sudah dapat dikendalikan. Kondisi terkini kawasan konservasi tersebut tidak ada api lagi," kata Camat Batang Lumpar, Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan, Senin.

Menurutnya, saat ini, dua titik yang kemarin terbakar sudah dipadamkan tim tanggap darurat dan tidak ada muncul api lagi. Begitu juga titik api yang baru-baru ini muncul di Nanga Leboyan juga dapat diatasi.

Dia menuturkan, titik api terakhir di Nanga Leboyan, walau pun tidak besar namun sempat mengkhawatirkan warga. Namun itu dapat diatasi tim dari kecamatan.

"Kerja tim menjadi lebih ringan, karena dibantu dengan turunnya hujan. Setelah dipadamkan tim kecamatan dibantu hujan," tuturnya.

Dijelaskan Gunawan, pada musim kemarau seperti ini air danau sentarum relatif kering. Kondisi itu mengakibatkan masyarakat kehilangan mata pencariaannya mencari ikan di danau lindung tersebut.

Untuk mencari ikan masyarakat pun berpindah ke sungai kapuas di Dusun Sumpak yang notabene masih masuk dalam kawasan TNDS. Sebab dikawasan itu masih memungkinkan untuk mencari ikan.

Namun walau pun kemarau masyarakat Batang Lupar masih bisa bersyukur. Karena kecamatan itu dikelilingi pergunungan, sehingga masyarakatnya tidak kesulitan air bersih.

Begitu juga dengan air dari PDAM, walau pun tidak deras akibat kemarau tapi tetap mengalir. Hanya saja air yang mengalir kecil.

"Kami tentu berharap air tetap mengalir selama musim kemarau ini," kata Gunawan.

(ANT-171)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga