Rabu, 20 Agustus 2014

Jelang Idul Fitri ASDP Merak datangkan kapal dari Inggris

Senin, 2 Juli 2012 21:27 WIB | 2.661 Views
Jelang Idul Fitri ASDP Merak datangkan kapal dari Inggris
Tambah kapal roro Meneg BUMN Dahlan Iskan (kanan) berdiskusi mengenai desain ideal kapal roro di ruang nakoda kapal feri ketika berkunjung ke pelabuhan Merak, Banten, Kamis (29/12). Dahlan meminta PT. ASDP segera mengganti kapal tua dengan kapal baru yang desainnya sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menanggulangi masalah kemacetan yang kerap terjadi di Pelabuhan Merak. (FOTO ANTARA/Asep Fathulrahman)
Merak (ANTARA News) - PT Angkutan, Sungai, Danau, Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak akan mendatangkan kapal dari Inggris guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan.

"Kami menargetkan kapal itu bisa beroperasi menjelang Lebaran Idul Fitri," kata General Manager PT ASDP Cabang Merak Supriyono, Senin.

Ia mengatakan, kapal tersebut berbobot 600 GT bisa mengangkut ribuan penumpang dan ratusan kendaraan.

Saat ini, kata dia, kapal itu sedang melakukan perjalanan menuju perairan Banten.

Kemungkinan menjelang Lebaran Idul Fitri kapal itu bisa dioperasikan untuk melayani masyarakat.

"Saya yakin dengan bantuan kapal itu penyeberangan berjalan lancar tanpa antrean angkutan," katanya.

Menurut dia, kapal yang didatangkan dari Inggris sebelum beroperasi terlebih dulu mengajukan izin operasional ke Kementerian Perhubungan.

Setelah mengantongi izin, kata dia, kapal tersebut bisa dioperasikan untuk melayani penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung.

Ia juga mengatakan, selama lima hari terakhir antrean truk memadati Jalan Cikuasa Atas menuju Pelabuhan Merak akibat meningkatnya volume kendaraan.

Hingga saat ini antrean truk mencapai tiga kilometer dari Kantor Karantina Jalan Cikuasa Atas hingga Pelabuhan Merak.

Ia menjelaskan, selama akhir pekan jumlah penumpang naik 120 persen dari hari-hari normal sekitar 3.000 orang.

Berdasarkan data penumpang Minggu tercatat 6.346 orang terdiri dari penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan.

Sedangkan jumlah kendaraan sebanyak 6.291 unit, yakni angkutan roda dua sebanyak 768 unit motor, kendaraan keluarga 2.873 armada, truk 2.283 armada dan 367 unit bus.

"Kami menargetkan dinihari ini kembali normal tanpa antrean truk karena mengerahkan kapal roro sebanyak 21 armada," ujarnya. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga