Jumat, 31 Oktober 2014

Manado akan buka dua sekolah kejuruan baru

| 3.220 Views
id kadis pendidikan manado, Dante Tombeg, buka dua sekolah kejuruan baru,
SMK VII sudah dibuka untuk jurusan pariwisata. Satunya lagi SMK VIII setara dengan sekolah teknologi dan yang akan diutamakan adalah jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ)."
Manado (ANTARA News) - Kepala Dinas Pendidikan Manado, Dante Tombeg, mengatakan, pihaknya akan membuka dua sekolah kejuruan baru di tahun ajaran 2012/2013.

"Dua sekolah baru tersebut dibuka, karena banyak diminati calon siswa," katanya di Manado, Selasa.

Dikatakan, kedua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tersebut akan dibangun di wilayah Utara kota, dengan pertimbangan untuk menampung para siswa di kawasan tersebut, sehingga tidak perlu menuju selatan.

"SMK VII sudah dibuka untuk jurusan pariwisata. Satunya lagi SMK VIII setara dengan sekolah teknologi dan yang akan diutamakan adalah jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ)," jelasnya.

Disebutkan, SMK VII akan menggunakan gedung SD 111, sementara SMK VIII sama sekali baru, dan akan dibangun di wilayah utara, agar tidak ada penumpukan siswa di SMK II Manado.

Tombeg menjelaskan, pemilihan SMK pariwisata dan teknologi didasarkan pada berbagai pertimbangan, terutama karena sekarang ini kedua jurusan ini paling banyak diminati oleh siswa, juga melihat kebutuhan tenaga kerja lima tahun mendatang.

"Kami membuka sekolah berdasarkan kebutuhan tenaga kerja. Jika memang dalam lima tahun mendatang sangat dibutuhkan, maka kami akan membuka jurusan tersebut," tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya tak lagi membuka jurusan baru seperti jurusan kesehatan atau keperawatan, supaya tidak menambah angka pengangguran terbuka yang akan menimbulkan konsekwensi lainnya.

Pembukaan sekolah baru di utara Manado ini, menurutnya, mendapat sambutan hangat masyarakat di wilayah tersebut seperti yang disampaikan seorang ibu bernama Hesty, warga Tuminting.

"Kami berharap sekolah ini segera dibuka dan terus dikenalkan kepada masyarakat, supaya bisa membantu kami menyekolahkan anak, tidak usah dua kali naik kendaraan," kata Hesty.

(KR-JHB/M036)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca