Rabu, 3 September 2014

ILO-YKH luncurkan film pekerja anak

Rabu, 4 Juli 2012 18:40 WIB | 5.604 Views
Makassar (ANTARA News) - Organisasi Buruh Internasional atau Internasional Labour Organisation, (ILO) bekerjasama dengan Yayasan Kampung Halaman (YKH) meluncurkan film dalam bentuk video diary Pekerja Anak Indonesia.

"Ini pertama kali dilakukan, video tersebut merupakan hasil karya yang dibuat dari para pekerja anak itu sendiri," kata Direktur YKH Dian Herdiyanti di Makassar, Rabu.

Dalam jumpa wartawan di kedai kopi tiam Makassar, dia mengatakan, ada tiga titik pembuatan video berdurasi 60 menit tersebut secara keseluruhan seperti pekerja anak jalanan di Jakarta, pekerja anak di pabrik garmen Sukabumi dan Pekerja anak di Tempat Pembuangan Akhir Tamangapa Makassar.

Ada enam film pendek di tiap kota dan disatukan dalam satu video berjudul "Aku, Masa Depanmu Indonesia". YKH sebagai fasilitator dan mereka yang mengerjakan sendiri dalam pembuatan film tersebut.

"Ada lima sektor pembuatan video itu seperti anak jalanan, pemulung anak, pekerja rumah tangga anak, pekerja pabrik anak dan pekerja seks komersial anak. Mereka menggunakan kata-kata dan pilihan gambar mereka sendiri dan merekam keseharian mereka untuk bejuang hidup," paparnya.

Untuk Makassar video para pemulung anak TPA Tamangapa Antang dibuat Taufik (14) dan Fitri (15) berjudul "Assala Assikola" (Yang penting Sekolah) dan "Yabo" (Memulung). Keduanya mengambil gambar kehidupan di tempat pengolahan sampah dengan diperankan 21 anak.

"Kami sangat senang diajarkan buat film dan mendapat pengetahuan baru. Awalnya tidak tahu tapi lama kelamaan kami tahu. Cerita ini kami buat agar memberitahu orang tentang hak-hak anak yang harus dijaga," tutur sang sutradara,Taufik sembari menyemangat.

Program pembuatan video ini, lanjut Dian, sebagai kampanye yang di gagas ILO bekerjasama YKH, Rumah Ide dan Yayasan Bataummi tentang hak-hak anak dibawah umur yang masih berusia sekolah telah dipekerjakan. Proyek Pekerja Anak dan Pendidikan ini didanai Kementerian Luar Negeri Belanda.

"Pemutaran film Aku, Masa Depanmu Indonesia akan di laksanakan di Gedung Bakti Makassar, besok ( 5/7), merupakan tindaklanjut dari peluncuran secara nasional di Jakarta pada 28 Juni lalu," pungkasnya.

Enam video diary yang diciptakan anak-anak itu seperti "Mimpi Pembantu Rumah Tangga Anak" di Kranji Bekasi, kemudian "Surip di Jalanan" Jakarta, "Terlalu Lelah" di pabrik garmen Sukabumi, dan "Dear Parents". Sementara di Makassar TPA Tamangapa Antang yakni " Yabo dan Assala Assikola".

(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga