Sabtu, 20 September 2014

BKSDA dan Polda Jatim sita dua orangutan

Selasa, 10 Juli 2012 18:24 WIB | 6.015 Views
Pasuruan (ANTARA News) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Polda Jawa Timur (Jatim) menyita dua ekor orangutan Kalimantan dari sebuah rumah mewah di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Selasa.

Pegiat ProFauna, Radius Nursidi, yang ikut mendampingi proses evakuasi menjelaskan, dua ekor orangutan Kalimantan itu dipelihara oleh seorang warga tanpa izin dan diperoleh lewat jual beli secara ilegal.

Radius Nursidi mengungkapkan, ProFauna mengetahui adanya seorang warga Kota Pasuruan yang memelihara satwa liar yang dilindungi tersebut dari Pokda Jawa Timur dua bulan lalu.

Diperoleh keterangan dari pemiliknya, dua ekor orangutan yang telah dipeliharanya sekitar 3-4 tahun tersebut diperoleh dengan cara membeli dari seorang penjual yang tidak dijelaskan secara rinci.

Radius Nursidi mengatakan, pemilik satwa yang ditemui sangat kooperatif, sehingga penyitaan dua ekor satwa liar yang dilindungi berjalan dengan lancar, meski selama evakuasi pemilik rumah tidak lagi mau menemuinya.

Dua ekor orangutan yang disita terdiri seekor orangutan jantan yang umurnya sekitar tujuh tahun, dan seekor orangutan betina yang umurnya masih lebih muda.
(ANT-MSW)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga