Padang (ANTARA News) - Sebanyak 43 tim dari 11 negara bakal meramaikan lomba perahu naga (dragon boat) internasional di arena Banjir Kanal Kompleks GOR H Agus Salim Padang, 12-15 Juli 2012.

"Tim yang ikut di antaranya dari Inggris, China, Australia, Filipina, Malaysia, dan Kamboja, disamping peserta dari dalam negeri," kata Wali Kota Padang Fauzi Bahar di Padang, Selasa.

Menurut dia, peserta yang ambil bagian tahun ini lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya dimana kali ini akan diikuti 11 negara.

"Selain dari mancanegara juga ada peserta dari PODSI berbagai provinsi/kota/kabupaten di Tanah Air, dari berbagai kesatuan TNI, Polri, serta peserta dari kabupaten/kota di Sumbar. Jumlah total pedayung sebanyak 1.229 orang," katanya.

Lomba perahu naga itu sendiri ada digelar pada siang dan malam hari. "Ini pertama kali perlombaan perahu naga dilaksanakan pada malam hari," ujar Fauzi Bahar.

Untuk nomor dan jenis perlombaan yakni 800 meter 22 pedayung putra, 800 meter 22 pedayung putri, 800 meter 12 pedayung putra dan putri, 800 meter 22 pedayung campuran, 800 meter 12 pedayung campuran, 800 meter 12 pedayung putra antarkesatuan dan 800 meter 22 pedayung antarbangsa.

Dia mengatakan, lomba perahu naga tersebut merupakan agenda tahunan yang diadakan Pemerintah Kota Padang.

"Kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan budaya masyarakat Minangkabau kepada wisatawan mancanegara serta mempromosikan potensi pariwisata Sumbar dan Kota Padang," katanya.

Menurut dia, ajang itu merupakan salah satu event olahraga yang menunjang tingkat kunjungan wisatawan lokal dan mancanagara ke Kota Padang.

Ia menyebutkan, saat ini persiapan panitia sudah mencapai 80 persen. "Kita melakukan persiapan dengan matang untuk menyukseskan perlombaan, dimana kekurangan-kekurangan tahun sebelumnya menjadi perhatian serius," ujar Fauzi Bahar.

(KR-ZON/R014)