Sabtu, 25 Oktober 2014

Harga minyak Asia turun

| 4.158 Views
id harga minyak, harga turun, minyak asia, china, pertumbuhan china
Harga minyak Asia turun
Harga minyak dunia turun - ilustrasi (ANTARANEWS/Ardika)
Buruk bagi China adalah buruk bagi Asia
Singapura (ANTARA News) - Harga minyak mentah turun di perdagangan Asia hari ini karena pertumbuhan ekonomi di China--yang merupakan konsumen energi terbesar dunia--melemah ke tingkat terendah dalam tiga tahun pada kuartal ke dua 2012.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Agustus mencatat penurunan 21 sen ke posisi 85,87 dolar AS per barel, sedangkan minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Agustus turun 12 sen menjadi 100,95 dolar AS per barel.

Para pedagang tidak terkejut dengan angka produk domestik bruto (PDB) China meski fakta menunjukkan bahwa angka itu memenuhi ekspektasi para analis untuk pertumbuhan 7,6 persen, demikian kata Justin Harper, ahli strategi pasar untuk IG Markets Singapore.

"Buruk bagi China adalah buruk bagi Asia dan dengan pertumbuhan ekonomi saat ini pada tingkat terendahnya untuk tiga tahun lebih sebagai tanda-tanda peringatan," kata dia.

Pertumbuhan ekonomi China pada kuartal ke dua adalah 7,6 persen terendah sejak 6,6 persen yang terjadi pada kuartal pertama 2009 di mana China dan negara lainnya di dunia sama-sama mengalami masa krisis finansial.

Pelemahan tersebut telah menyeret pertumbuhan untuk ekonomi terbesar ke dua dunia itu ke posisi 7,8 persen untuk semester pertama 2012, demikian kata Kantor Statistik Nasional China.
(S004)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga