Selasa, 23 Desember 2014

Tifatul resmikan dua masjid di Agam

| 2.103 Views
id menkominfo tifatul sembiring, peresmian masjid, kabupaten agam
Tifatul resmikan dua masjid di Agam
Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring (FOTO ANTARA)
Sesuai namanya yang sama dengan nama Buya Hamka yakni Abdul Malik Karim Amarullah, maka penggunaannya agar dapat mengikuti jejak perjuangan almarhum.."
Lubukbasung, Sumbar (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring meresmikan Masjid Raya Al Karim Koto Kaciak dan Masjid Al Falah Kecamatan Tanjung Raya di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat.

Peresmian masjid bantuan Yayasan Satu Untuk Negeri TvOne itu ditandai dengan pemukulan beduk dan penandatanganan prasasti oleh Menkominfo dilanjutkan oleh Direktur TvOne Karni Ilyas dan Bupati Agam Indra Catri.

Tifatul berharap kedua masjid itu tidak hanya digunakan untuk shalat. "Sesuai namanya yang sama dengan nama Buya Hamka yakni Abdul Malik Karim Amarullah, maka penggunaannya agar dapat mengikuti jejak perjuangan almarhum dalam membina masyarakat," katanya.

Masjid itu dibangun kembali setelah roboh akibat musibah gempa 8,7 skala richter yang terjadi 30 September 2009. "Gempa waktu itu seperti kiamat kecil. Maka diharapkan keberadaan masjid ini bisa mendorong masyarakat lebih giat beribadah dan mendoakan agar daerah ini jauh dari bencana," ujar Tifatul.

Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada permirsa TvOne yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan masjid tersebut. Dia berharap kepedulian seperti itu terus ada dalam setiap diri warga negara Indonesia sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap sesama.

Direktur TvOne Karni Ilyas menyebutkan, total bantuan pemirsa untuk Agam Rp2,290 miliar. Diakuinya jumlah sumbangan itu cukup besar, salah satunya karena tayangan stasiun televisi yang dia pimpin menyiarkan kondisi Sumbar pascagempa 30 September 2009.

"Tayangan itu cukup menggugah pemirsa di seluruh Nusantara untuk memberikan bantuan," katanya.

Selain bantuan untuk pembangunan masjid, kata dia, pihak TvOne juga berencana akan membangun Pondok Pesantren Buya Hamka di daerah itu.

Secara umum pria asal Bukittinggi itu menyampaikan, total dana yang berhasil dihimpun berjumlah Rp51 miliar dan disalurkan untuk membangun 22 tempat ibadah, pendidikan, dan fasilitas umum lainnya di Sumbar.

"Diharapkan tiga tahun pascagempa bumi bantuan ini sudah berbentuk bangunan di Kabupaten Agam, Padang Pariaman dan Kota Padang," kata dia.

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, banyak bangunan yang rusak akibat gempa kuat 2009 itu sudah dibangun kembali. "Ini berkat bantuan pemerintah pusat dan berbagai pihak," katanya.

(KR-MLN) 

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga