Jakarta (ANTARA News) - Suyadi atau yang dikenal dengan nama Pak Raden (79) memamerkan karya lukis dan sketsanya dalam Pameran Tunggal Seni Rupa di Art Cinema Fakultas Film dan Televisi (FFTV) Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Sebanyak 23 lukisan dan 18 sketsa karya pencipta karakter Unyil dalam film boneka "Si Unyil" itu ditampilkan dalam pameran yang berlangsung tanggal 13-20 Juli 2012. Beberapa di antaranya dijual.

"Rasanya seperti mimpi. Biasanya kalau mau ikut pameran susahnya minta ampun. Eh sekarang malah ditawari. Apa nggak seperti ketimpa durian jatuh. Terima kasih," kata Pak Raden tentang pameran tunggalnya.

Lukisan dan sketsa karya Pak Raden dalam pameran tersebut berkisah tentang apa yang terjadi di depan dan di belakang pertunjukan tradisional Jawa seperti wayang orang dan wayang kulit.

"Saya melihat Mas Suyadi seperti kameramen. Ingatannya luar biasa sekali. Merekam kejadian di belakang dan di depan panggung. Bahkan dari kamar rias," kata Dekan FFTV IKJ Gotot Prakosa pada pembukaan pameran, Jumat.

Maestro tari Retno Maruti menampilkan tarian Sekar Puri pada pembukaan pameran tunggal tersebut.

Di sela pameran tersebut, panitia juga menyelenggarakan pelatihan membuat boneka Unyil serta pemutaran film "Unyil" dan film animasi "Timun Mas".

Pelatihan membuat boneka Unyil dilakukan pada 17 Juli mendatang. Sementara film animasi "Timun Mas" diputar pukul 16.00 WIB pada pembukaan dan penutupan pameran dan film "Unyil" diputar tiap hari pukul 15.00 WIB.

(Feb)