Kamis, 18 September 2014

Data dan fakta juara Tour de France Bradley Wiggins

Senin, 23 Juli 2012 10:01 WIB | 2.321 Views
Paris (ANTARA News) - Berikut ini data dan fakta Bradley Wiggins, pebalap pertama Inggris yang tampil sebagai pemenang dalam balap sepeda Tour de France yang berakhir Minggu waktu setempat, seperti disiarkan Reuters.



TAHUN TAHUN AWAL

* Lahir 28 April 1980 di Ghent, Belgia.



* Memenangi pertama kali medali Olimpiade ketika meraih medali perunggu dalam nomor tim pursuit di Sydney 2000.



* Mengawali perlombaan jalan raya (road racing) karirnya pada 2002 bersama tim Francaise des Jeux, tetapi fokusnya masih lebih banyak pada nomor trek.



* Wiggins menjadi pebalap Inggris pertama dalam 40 tahun meraih tiga medali dalam satu Olimpiade ketika ia memenangi nomor individual pursuit, meraih medali perak pada nomor tim pursuit dan medali perunggu di Madison di Athena pada 2004.



ON THE ROAD

* Membalap dalam tur besar pertama ketika ambil bagian dalam Giro d`Italia pada 2005, finis di urutan 123 overall untuk tim Credit Agricole.



* Pertama kali ikut Tour de France pada 2006, berada di urutan ke-123 untuk Cofidis.



* Meninggalkan Tour de France 2007 setelah rekan setimnya dari Italia pada tim Cofidis, Cristian Moreni, gagal dalam test obat terlarang. Wiggins melemparkan kaos balap Cofidisnya.



HEBAT DI BEIJING

* Gabung dengan tim HTC High Road pada 2008.



* Menang pada kejuaraan dunia di Madison 2008 bersama Mark Cavendish dan maju ke Olimpiade Beijing.



* Di Beijing, Wiggins menjadi pebalap pertama yang sukses mempertahankan gelar individual pursuit, juga menang pada nomor tim pursuit.



PERJALANAN KE TUR

* Pada 2009, Wiggins bergabung dengan tim Amerika, Garmin, dalam usaha berkecimpung dalam Tur besar. Dalam usaha pertamanya itu, ia berada di urutan keempat overall dalam Tour de France.



* Bergabung dengan klub baru Team Sky pada 2010, tetapi hanya berhasil berada di urutan ke-23 overall dalam balapan Tur.



* Memenangi lomba Criterium du Dauphine pada 2011, merupakan kemenangan pertama untuk jenis tahapan, tetapi kandas dalam Tur Prancis pada tahapan ketujuh.



* Urutan ketiga dalam kejuaraan Vuelta a Espana.



* Wiggins memenangi lomba di Paris-Nice, Tour de Romandie dan Dauphine, sebelum menjadi pebalap Inggris pertama yang menang dalam balapan Tour de France.

(A008) 

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga