Kamis, 18 Desember 2014

Moody`s: prospek ekonomi Jerman negatif

| 2.738 Views
id peringkat jerman turun, moody's rating, krisis zona euro, krisis yunani, krisis spanyol, krisis italia
Moody`s: prospek ekonomi Jerman negatif
Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan), berbincang dengan Direktur IMF Christine Lagarde (kiri), di sela kunjungannya di Jakarta, Indonesia, Selasa (10/7). Merkel dijadwalkan akan melakukan lawatan selama dua hari 10-11 Juli 2012, dengan agenda antara lain mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Masjid Istiqlal, Mahkamah Konstitusi, dan bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, serta menghadiri pertemuan bisnis dengan pengusaha Indonesia dan Jerman. (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)
Washington (ANTARA News) - Moody`s pada Senin menurunkan penilaiannya pada ekonomi Jerman, mengambil langkah pertama menuju penurunan peringkat kredit penuh untuk pasar terbesar dan paling penting di Eropa itu.

Lembaga ini menurunkan prospek ekonomi Jerman menjadi "negatif" dari "stabil" -- seiring dengan langkah serupa untuk Belanda dan Luksemburg -- mengirimkan sebuah peringatan keras bahwa tidak ada ekonomi yang kebal dari krisis zona euro, lapor AFP.

Moody`s mengatakan bahwa tiga negara berperingkat AAA itu menghadapi risiko dari meningkatnya prospek Yunani meninggalkan zona euro dan dari kemungkinan kebutuhan untuk menyelamatkan Spanyol dan Italia.

"Tingkat ketidakpastian tentang prospek kawasan euro, dan dampak potensial dari skenario yang masuk akal di negara anggota, tidak lagi konsisten dengan prospek stabil," katanya.

Lembaga pemeringkat menunjuk sebuah "respon kebijakan reaktif dan gradual" oleh para pemimpin Eropa sebagai salah satu penyebab berlanjutnya kekhawatiran.

Tetapi, sekalipun jika Yunani bertahan, Moody`s memperingatkan bahwa negara-negara kaya kemungkinan akan menanggung beban lebih ke depan, termasuk kemungkinan dana talangan anggota zona euro besar.

"Terus memburuknya situasi makroekonomi dan lingkungan pendanaan di Spanyol dan di Italia telah meningkatkan risiko bahwa mereka akan memerlukan beberapa jenis dukungan eksternal."

Itu akan mengirim krisis zona euro ke tingkat yang berbeda.

"Perekonomian dan pasar obligasi pemerintah Spanyol sekitar dua kali lipat gabungan dari Yunani, Portugal dan Irlandia," kata Moody`s mengacu pada tiga negara zona euro yang sudah menerima dana talangan.

Moody`s juga mengumumkan bahwa rating AAA Finlandia dan prospeknya tidak berubah.(A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca