Sabtu, 2 Agustus 2014

Hasil audit dana kampanye diumumkan 2 Agustus

Kamis, 26 Juli 2012 16:02 WIB | 1.866 Views
Hasil audit dana kampanye diumumkan 2 Agustus
Suhartono (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)
Jakarta (ANTARA News) - Hasil audit laporan dana kampanye pemilihan kepala daerah DKI Jakarta (Pilkada DKI), yang sudah diserahkan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta (KPU DKI) kepada Kantor Akuntan Publik (KAP), sudah bisa dilihat pada 2 Agustus 2012.

"Kan 15 hari kerja setelah kami serahkan. Kira-kira awal Agustus, tanggal 1 atau 2 Agustus," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kampanye KPU DKI, Suhartono.

Dana kampanye tersebut dilaporkan dalam tiga tahap. Pertama, laporan penerimaan dana kampanye setelah masa pencalonan hingga kampanye, kedua, penerimaan dana selama masa kampanye, dan ketiga, laporan penggunaan dana kampanye.

Menurut Suhartono, hasil audit ini nantinya bisa melihat sumber serta penggunaan dana kampanye, apakah sudah sesuai dengan aturan atau tidak.

"Hasil audit ini bisa saja melihat kecurangan-kecurangan. Tapi kita positif saja, berharap bahwa pasangan calon tidak melakukan kecurangan," kata Sumarno saat ditemui di kantor KPU DKI, Kamis.

Sumarno juga mengatakan, bahwa hasil audit ini akan diserahkan kepada Panitia Pengawasan Pemilu DKI Jakarta (Panwaslu DKI) serta membuka hasilnya kepada masyarakat.

"Nanti kita akan berikan kepada Panwaslu, kami akan buka hasilnya ke publik," kata Sumarno.

Pada laporan pertama, Fauzi Bowo, petahana yang berpasangan dengan Nachrowi Ramli mengeluarkan Rp30 miliar dari kantongnya sendiri.

Nara sendiri mengeluarkan Rp3 miliar. Sedangkan Jokowi mengeluarkan dana Rp1,2 miliar dan pasangannya Ahok Rp80 juta. Sedangkan dari calon gubernur nomor urut dua, Hendardji mengeluarkan Rp1,4 miliar.

(Dny)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga