Minggu, 26 Oktober 2014

ITS raih penghargaan kebaharian internasional

| 3.954 Views
id tim its, Atlantic Challenge 2012, penghargaan kebaharian
ITS raih penghargaan kebaharian internasional
Tim ITS Maritime Challenge saat menguji coba Kapal Merdeka III "Rojo Segoro" di Makoarmatim, Surabaya bulan Januari lalu. (ANTARA/M Risyal Hidayat)
Surabaya (ANTARA News) - Tim Maritime Challenge Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih penghargaan bergengsi dalam lomba kebaharian internasional "Atlantic Challenge 2012" yang diselenggarakan di Bantry, Irlandia, pada 21-29 Juli.

Menurut Pembina Tim Maritime Challenge ITS, Prof. Daniel M. Rosyid, PhD, tim ITS mendapat penghargaan "The Spirit of Atlantic Challenge" pada Sabtu (28/7) waktu setempat atau Minggu dini hari di Indonesia.

"Presiden Atlantic Challenge International, Lee Scarborough dari AS, mengumumkan bahwa ITS memperoleh penghargaan tertinggi itu," kata Prof. Daniel melalui surel kepada ANTARA, Minggu.

"Seketika semua anggota Tim ITS Maritime Challenge menangis karena terharu. Sebagian lagi langsung sujud syukur," katanya.

Ia menjelaskan, penyelenggara memberikan penghargaan itu karena walaupun tidak memenangkan semua nomor perlombaan namun keterlibatan Tim Indonesia selama lomba dinilai mencerminkan semangat Atlantic Challenge yang kuat.

"Itu penghargaan untuk tim terbaik dalam kerja sama dengan negara lain, sebab kompetisi itu bukan sekadar kompetisi kebaharian, namun bagaimana membangun spirit kebaharian dan menjalin kesepahaman antarbangsa," ujarnya.

Dosen di Fakultas Teknologi Perkapalan ITS itu menjelaskan, tim ITS pernah meraih penghargaan bergengsi "The Spirit of Atlantic Challenge" pada kegiatan "Atlantic Challenge 2002" di Rockland, Amerika Serikat.

Kini, setelah 10 tahun, penghargaan itu kembali diterima tim ITS dengan kapal "Rojo Segoro".

Menurut Humas ITS MC, Fiqhy Dian Nashrullah, dari 15 tim yang mengikuti perlombaan itu hanya Tim Indonesia yang membangun kapal mereka sendiri.

(E011)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca