Sabtu, 1 November 2014

Calon Presiden AS Mitt Romney kunjungi Israel

| 4.606 Views
id mitt romney, calon presiden amerika, kebijakan amerika soal israel
Calon Presiden AS Mitt Romney kunjungi Israel
Calon Presiden AS dari Partai Republik, Mitt Romney.(REUTERS/Richard Carson)
Yerusalem (ANTARA News) - Calon presiden Amerika Serikat (AS) Mitt Romney dijadwalkan bertemu dengan pemimpin Israel pada Minggu dalam upaya menunjukkan bahwa ia teman lebih baik bagi Israel daripada Presiden Barack Obama.

Kantor berita AFP melaporkan, Romney yang tiba di Yerusalem pada Sabtu malam dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Minggu pagi.

Setelah itu dia akan bertemu dengan Presiden Shimon Peres, para pemimpin oposisi Israel dan kemudian dengan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad.

Ia juga akan memberikan pernyataan menyangkut kebijakan luar negeri.

Romney telah secara konsisten menyerang kebijakan luar negeri Obama, seperti ketika ia menyebutkan kelemahan Obama dan kebijakan yang salah arah menyangkut Timur Tengah.

Bulan Januari lalu Romney mengatakan bahwa presiden asal Demokrat tersebut "mengorbankan Israel" dengan menganggap pembatasan tahun 1967 sebagai posisi dasar perundingan Israel-Palestina.

Ia juga menuduh kebijakan Obama terhadap Iran terlalu dititikberatkan kepada hubungan dengan musuh Israel yang dicurigai memiliki ambisi nuklir. Romney menjanjikan akan memberikan sanksi yang lebih keras jika ia terpilih.

Obama menunjukkan satu bentuk dukungan bagi Israel di Gedung Putih pada Jumat, yaitu dengan menandatangani undang-undang yang menegaskan kerja sama Amerika Serikat dan Israel di bidang keamanan dan militer --sementara para wakil kelompok lobi pro-Israel AIPAC berdiri di sampingnya.

Para wartawan Israel diundang untuk menghadiri penandatanganan tersebut, demikian juga para juru foto dan wartawan yang terdaftar di Gedung Putih.

Upacara penandatanganan itu merupakan peristiwa yang jarang terjadi dalam masa kepemimpinan Obama.

Undang-undang, yang memberikan akses istimewa bagi Israel kepada persenjataan dan mesiu AS, "menggarisbawahi komitmen kami yang tak tergoyahkan bagi keamanan Israel," kata Obama.

(T008)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga