Rabu, 30 Juli 2014

Anggota GNB dukung keanggotaan Palestina di PBB

Sabtu, 4 Agustus 2012 12:02 WIB | 3.753 Views
Anggota GNB dukung keanggotaan Palestina di PBB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah mengumumkan bahwa Liga Arab akan memutuskan tanggal pengajuan permohonan pengakuan atas negara Palestina ke Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 6 September (FOTO ANTARA)
Ramallah (ANTARA News) - Para anggota Gerakan Non-Blok (GNB) akan mengumumkan dukungan mereka terhadap permohonan Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB, kata menteri luar negeri Palestina Riad al-Maliki, Jumat.

Pengumuman akan dibuat ketika menteri luar negeri dari beberapa negara GNB bertemu di kota Ramallah, Tepi Barat, pada Minggu, untuk mempersiapkan pertemuan puncak gerakan yang akan diselenggarakan di Iran akhir bulan ini, kata Riad al-Maliki, menambahkan.

"Pertemuan ini akan menjadi peristiwa bersejarah karena untuk pertama kalinya pertemuan demikian akan diadakan di dalam wilayah Palestina," kata al-Maliki.

Beberapa anggota GNB seperti Iran, tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan Ramallah karena untuk masuk di Tepi Barat perlu melewati penyeberangan yang dikendalikan oleh Israel.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah menerima undangan untuk menghadiri KTT GNB di Teheran.

Iran adalah pendukung pemerintah pimpinan Hamas yang merebut kendali Jalur Gaza dari pasukan pro-Abbas.

Ini akan menjadi kunjungan pertama Abbas ke Iran sejak ia terpilih sebagai presiden pada tahun 2005, demikian lapor Xinhua.

(H-AK/F001)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga