Kamis, 18 September 2014

Hidangan warna-warni lebih bernutrisi

Senin, 6 Agustus 2012 18:16 WIB | 1.857 Views
Hidangan warna-warni lebih bernutrisi
Ilustrasi Makanan Sehat (antaranews.com/grafis)
Jakarta (ANTARA News) - Cara termudah untuk mengetahui kualitas menu makanan yang sehat adalah dari warna-warni alami yang terdapat pada sayur dan buah yang Anda konsumsi. Warna-warni seperti merah, hijau, dan oranye, disebabkan oleh komponen fitonutrien yan terkandung di dalam buah dan sayur.

Fitonutrien adalah komponen aktif yang memberikan bau, warna dan rasa pada tanaman, yang bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung vitamin dan mineral.

"Fitonutrien mengandung zat antioksidan seperti karotenoid dan anthocyanin atau zat merah, yang menyebabkan timbulnya warna pada buah dan sayur. Zat ini berperan serta untuk mencegah penyakit kanker dan hepar," kata anggota asosiasi profesor dari Tufts University, Elizabeth J. Johnson, PhD.

Sayur dan buah berwarna hijau mengandung fitonutrien yang bernama lutein dan zeaxanthin. Dua zat ini bermanfaat mencegah penyakit mata dan menurunkan risiko penyakit hepar dan kanker kulit. Selain itu, sayuran berwarna hijau merupakan sumber asam folat yang dapat meningkatkan energi.

Sementara itu, kandungan oranye atau kuning pada wortel, labu, dan ubi, mengandung banyak beta-karoten, atau vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun.

Warna merah juga terkandung dalam sayuran dan buah seperti buah bit, mengandung likopen dan anthocyanins, yaitu dua zat aktif yang mampu menurunkan risiko penyakit hepar dan stroke, sebagaimana diberitakan Health.com.

(M048)

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga