Sabtu, 23 Agustus 2014

Rusia luncurkan dua satelit telekomunikasi

Selasa, 7 Agustus 2012 12:29 WIB | 3.282 Views
Moskow (ANTARA News) - Rusia meluncurkan sebuah roket Proton-M yang membawa dua satelit telekomunikasi dari Baikonur, Kazakhstan, pada Senin malam.

Menurut pernyataan Badan Antariksa Federal Rusia Roscosmos yang dikutip kantor berita RIA Novosti, Roket Proton dengan penguat Briz-M itu mengangkasa pada 11.31 malam waktu Moskow.

Peluncuran Proton kali ini merupakan yang keenam dalam tahun 2012 dan ke-378 sejak peluncuran pertama tahun 1965.

Menurut Roscosmos, pemisahan satelit Telkom-3 dari Briz-3 dijadwalkan pada pukul 08.44 pagi waktu Moskow, sementara  Express-MD2 diperkirakan memisah pada pukul 09.14 waktu Moskow.

Satelit Telkom-3 dibangun oleh Rusia Reshetnev dengan peralatan komunikasi buatan Thales Alenia Space. Satelit itu memiliki kapasitas 42-C dan transponder aktif Ku-band untuk menyediakan layanan telekomunikasi bagi pelanggan Indonesia, yang untuk pertama kalinya membeli satelit dari Rusia.

Express MD2 merupakan satelit komunikasi berukuran kecil yang dirancang dan diproduksi oleh Pusat Penelitian dan Produksi Ruang Angkasa Negara Khrunichev untuk Russian Satellite Communications Company (RSCC).

Satelit tersebut memiliki 8 transponder C-band dan transponder 1 L-band untuk relai, dan mengalirkan data ke sejumlah pengguna dalam Sistem Penyiaran dan Komunikasi Satelit Rusia.

(C005)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga