Jumat, 24 Oktober 2014

Target podium, Rio Haryanto siapkan strategi

| 2.312 Views
id Rio Haryanto, pebalap Rio Haryanto, Rio Haryanto ingin naik podium, Rio Haryanti di GP2
Target podium, Rio Haryanto siapkan strategi
Rio berlaga di GP2 Pebalap Rio Haryanto berpose diatas mobil saat konferensi pers tentang persiapannya berlaga diajang Grand Prix 2 (GP2) di Jakarta, Selasa (20/3). Rio yang bergabung dengan Tim Marussia Carlin akan ikut serta dalam ajang GP2 Series 2012 dan seri perdananya digelar 23 Maret 2012 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari)
Mudah-mudahan di akhir tahun bisa menempati sepuluh besar."
Jakarta (ANTARA News) - Pebalap nasional, Rio Haryanto, mengaku telah menyiapkan strategi untuk membidik target podium di tiga seri yang tersisa pada lomba balap mobil GP2 Series 2012.

"Untuk tiga seri yang akan datang, mudah-mudahan dapat poin lebih banyak di race pertama karena untuk mendapat poin lebih banyak lebih berpeluang di race pertama daripada race kedua," kata Rio  usai buka puasa bersama penggemarnya di Central Park, Jakarta, Selasa (7/8) malam.

"Mudah-mudahan di akhir tahun bisa menempati sepuluh besar," tambahnya.

Pada seri kesembilan GP2 di Hungarioring, Hungaria akhir Juli lalu, Rio menempati rangking ke-15 klasemen sementara dengan mengumpulkan 29 poin.

Rio mendapatkan tambahan nilai dua setelah menempati posisi ketujuh dengan catatan waktu 44 menit 30,037 detik pada seri kedua (sprint race) di Hungaria. Sebelumnya pada seri pertama (feature race) Rio menempati posisi ke-12 setelah menempuh 37 putaran dengan catatan waktu 59 menit 37,707 detik namun gagal menambah poin.

"Sejauh ini hasilnya cukup memuaskan dan saya cukup konsisten. Ke depannya saya ingin sekali naik ke podium di tiga seri terakhir," kata pebalap berusia 19 tahun itu.

Rio akan menghadapi sisa tiga seri selanjutnya yang berlangsung di di Belgia (1-2 September 2012), Italia (8-9 September 2012), dan Singapura (22-23 September). Ia mengaku, sirkuit De Spa-Francorchamps di Belgia merupakan sirkuit yang cukup menantang.

"Sirkuit di Belgia cukup sulit dan sangat menantang. Untuk tampil di Belgia nanti saya sangat positif. Penampilan saya sebelumnya cukup kuat, mudah-mudahan di Belgia saya bisa lebih bagus," katanya.

Jika sirkuit di Belgia diakui Rio sebagai sirkuit yang cukup berat, namun untuk sirkuit selanjutnya di Monza, Italia, dan Marina Bay, Singapura, tidak begitu masalah bagi pebalap asal Solo, Jawa Tengah itu.

"Kalau Sirkuit Monza termasuk sirkuit yang saya sukai, pernah naik podium di sana juga. Kalau sirkuit di Singapura saya juga pernah naik podium. Mudah-mudahan saya bisa mengulang kesuksesan di tiga sirkuit ini, saya akan coba semaksimal mungkin," ujar Rio.

Sementara itu, Rio yang telah mengantongi superlisence setelah menjalani dua kali tes mobil F1 di Abu Dhabi (September 2011) dan di Sirkuit Hungaroring, Hungaria bersamaan dengan seri ke-9 GP2, menargetkan peringkat tiga besar pada langkahnya di GP2 tahun depan.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih bagus, inginnya bisa finish di tiga besar karena kalau sekarang masih tahun pertama dan pebalapnya banyak yang lebih senior dari saya," kata Rio yang masuk dalam Tim Marussia Carlin itu.

(M047)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga