Sabtu, 2 Agustus 2014

Debut perempuan berjilbab di lintasan atletik Olimpiade

Kamis, 9 Agustus 2012 01:09 WIB | 3.160 Views
Debut perempuan berjilbab di lintasan atletik Olimpiade
Pelarti Arab Saudi Sarah Attar dianggap pahlawan oleh dunia kendati dia finish paling belakang pada penyisihan lari 800m putri (Reuters)
Jakarta (ANTARA News) - Sarah Attar menjadi perempuan pertama Arab Saudi yang turut bersaing dalam atletik Olimpiade. Dia turun pada nomor lari 800 meter putri dengan mengenakan jilbab berwarna putih.

"Ini pengalaman yang menakjubkan," kata Attar kepada wartawan seperti dikutip Reuters.

Attar memiliki dua kewarganegaraan yaitu AS dan Arab Saudi, serta tengah berkuliah di Universitas Pepperdine, Los Angeles.

"Adalah kehormatan sangat besar bisa tampil di sini mewakili kaum perempuan Arab Saudi. Ini momen bersejarah. Saya berharap ini akan menciptakan perbedaan. Ini adalah langkah besar ke depan. Ini sungguh pengalaman yang menakjubkan."

Dalam tayangan televisi, kendati langsung terseok ke urutan paling belakang pada babak penyisihan lari 800m putri itu dan finish jauh di belakang lawan-lawannya, ribuan penonton di Olympic Stadium, London, berdiri dan tak henti bertepuk tangan menyemangati dan menghormati Attar.

Sebelum Attar tampil, rekan senegaranya yang juga mengenakan jilbab, Wojdan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani, turun pada cabang judo.

Kendati kedua atlet putri Saudi ini langsung gagal pada debut mereka ini, keduanya dianggap sebagai pahlawan, baik oleh sejumlah kalangan di negerinya, maupun dunia.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga