Kamis, 23 Oktober 2014

Pemerintah siap kuncurkan bantuan pakan ternak

| 3.486 Views
id pakan ternak, bantuan pakar ternak, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian,Syukur Iwantoro
Pemerintah siap kuncurkan bantuan pakan ternak
ilustrasi Pakan Ternak. (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)
Saat ini sedang diusulkan ke DPR, dalam bentuk bantuan langsung, nantinya setiap kelompok ternak mendapatkan Rp100 juta. Tahun depan akan dimulai uji coba program bantuan tersebut,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian siap mengucurkan bantuan langsung pakan ternak sapi perah senilai Rp5 miliar kepada 50 kelompok ternak di Jawa pada 2013.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro di Jakarta, Jumat mengatakan uji coba bantuan langsung tersebut akan dilaksanakan untuk peternak sapi perah di Jawa Timur 40 kelompok, 10 kelompok di Jawa Tengah, dan 40 kelompok di Jawa Barat.

"Saat ini sedang diusulkan ke DPR, dalam bentuk bantuan langsung, nantinya setiap kelompok ternak mendapatkan Rp100 juta. Tahun depan akan dimulai uji coba program bantuan tersebut," katanya.

Pemberian bantuan kepada peternak sapi perah itu, tambahnya, disebabkan kondisi peternak sapi perah sangat memprihatinkan.

Syukur mencontohkan sapi perah seharusnya dapat beranak sampai dengan delapan kali, tetapi di Indonesia hanya sampai lima kali, selain itu produktivitas susu juga rendah hanya 20 liter per hari.

"Kinerja sapi perah yang tidak maksimal itu disebabkan oleh pakan yang tidak berkualitas. Pada saat diteliti oleh para pakar, genetik sapi perah tidak bermasalah, tetapi lebih disebabkan faktor pakan," katanya.

Selain faktor pakan, lanjutnya, kondisi kandang dan manajemen pemeliharaan juga mempengaruhi produktivitas susu sapi perah.

Dirjen menyatakan, jika uji coba itu berhasil, maka pola bantuan langsung itu akan diganti dengan pola subsidi.
(S025/A023)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga