Mamuju (ANTARA News) - Pajak daerah yang berhasil diserap pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, hingga pertengahan 2012 mencapai 46,88 persen dari target sekitar sembilan miliar rupiah.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Pemkab Mamuju Hamzah Sula di Mamuju, Sabtu, mengatakan, pajak daerah yang berhasil diserap pemerintah setempat hingga Juli 2012 sekitar Rp4,4 miliar.

Ia mengatakan, dengan capaian tersebut maka pemkab setempat optimistis akan mencapai target penerimaan pajak daerah yang ditetapkan pada 2012 sekitar sembilan miliar rupiah.

Ia mengatakan, pajak daerah berasal dari pajak negara yang diserahkan kepada daerah sebagai pajak daerah, penyerahan dilakukan berdasarkan undang-undang.

"Pajak daerah tersebut dipungut oleh daerah berdasarkan kekuatan undang-undang dan atau peraturan hukum lainnya," katanya.

Ia menjelaskan, hasil pungutan pajak daerah itu untuk membiayai penyelenggaraan urusan-urusan rumah tangga daerah atau untuk membiayai pengeluaran daerah sebagai badan hukum politik.

Sula mengatakan, jumlah pajak daerah di Mamuju yang dicapai pertengahan 2012 mendekati jumlah realisasi 2011 sekitar Rp5,6 miliar

Ia menyatakan optimistis hingga akhir 2012 jumlah pajak daerah yang akan terserap dapat meningkat dibandingkan dengan 2011.

Ia berharap, kinerja aparat pemerintah dalam menyerap pajak daerah dapat terus dioptimalkan sehingga pajak daerah dapat memberikan kontribusi besar terhadap penerimaan pendapatan asli daerah Kabupaten Mamuju yang ditargetkan pada 2012 sekitar Rp36 miliar.

"Pemerintah sangat optimis target penerimaan PAD dalam APBD Mamuju tahun ini akan dapat terealisasi dengan memacu kinerja aparat di Dispenda Mamuju," katanya.
(MFH/M029)