Denpasar (ANTARA News) - Musisi ternama di Bali, Nanoe Biroe, kembali mencatatkan dirinya di Museum Rekor Indonesia untuk keempat kalinya, karena berhasil menggelar konser musik sambil mengajak penontonnya berendam di aliran Sungai Badung, Denpasar, Minggu.

Sebelumnya, Nanoe Biroe mencatatkan tiga rekor MURI, yakni untuk sampul album terpanjang, tanda tangan terbanyak, dan kemampuan bernyanyi terlama.

"Konser yang dilakukan di atas sungai ini merupakan yang pertama kalinya digelar di Indonesia, bahkan mungkin di seluruh dunia," kata Abu Bakar dari MURI, sebelum menyerahkan penghargaan kepada penyanyi bernama I Made Murdita itu.

Penyanyi nyentrik tersebut memperoleh penghargaan MURI untuk kategori penonton konser musik berendam di sungai terbanyak. Rekor itu tercatat sebagai rekor ke-5.545 MURI.

"Jumlah penonton yang ikut berendam sekitar 1.000 orang, sedangkan seluruhnya yang hadir kami perkirakan sampai 5.000 orang lebih," ujarnya.

Raihan rekor tersebut disambut gembira oleh penggemar setia musisi tersebut yang sejak pukul 08.00 Wita berendam di sungai sambil menonton aksi dari penyanyi favoritnya itu.

Pada konser itu Nanoe membawakan sebanyak 27 buah lagu, yang sebagian besar merupakan karya hitsnya, namun ada juga lagu dari musisi lainnya termasuk tema kemerdekaan.

Selama konser berlangsung dia tak hentinya mengingatkan para penonton yang hadir untuk menjaga selalu kebersihan di sekitar kawasan sungai tersebut, sehingga bisa kembali seperti dulu.

"Ayo kita jaga selalu kebersihan sungai sehingga dapat dimanfaat sebagai sarana wisata lingkungan yang baik," ucap Nanoe kepada para penonton.

Sementara itu Juliani Dewi Gangga, koordinator acara tersebut, menjelaskan bahwa seluruh penonton yang berendam akan mendapat kepingan CD album terbaru Nanoe Biroe terbaru.

"Kami membagikannya kepada mereka setelah acara ini usai, namun semuanya telah disiapkan. Para penonton berendam dari pagi sampai siang hari," katanya.
(KR-IGT/M008)