Jumat, 31 Oktober 2014

Pecinta Batik akan memilih Putra-Putri Batik Nusantara

| 4.053 Views
id putra putri batik nusantara, pemilihan putri batik, batik nusantara, pecinta batik, ikatan pecinta batik
Pecinta Batik akan memilih Putra-Putri Batik Nusantara
UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya dunia tahun 2009. (ANTARA/Andika Wahyu)
Jakarta (ANTARA News) - Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menggelar pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2012.

"Ajang ini merupakan wahana yang efektif untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan pada warisan budaya nusantara di kalangan generasi muda," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, di Jakarta, Kamis.

Ia berpendapat, keberhasilan pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2012 akan membuka peluang yang lebih luas untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia ke kancah dunia internasional sehingga produk budaya itu selanjutnya bisa ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Kegiatan itu diawali dengan penjaringan peserta melalui laman www.putraputribatik.com dan jejaring sosial Facebook dan Twitter pada 14 Juli sampai 25 Agustus 2012.

Kriteria peserta adalah putra putri Indonesia antara lain berusia 18-25 tahun, lulus SMA, tahu banyak tentang batik, menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, dan tinggi badan minimal 172 sentimeter untuk putra dan 165 sentimeter untuk putri.

"Tahap selanjutnya adalah penilaian oleh tim seleksi untuk mendapatkan beberapa semifinalis yang kemudian akan dipilih 14 pasang putra dan putri sebagai finalis untuk maju ke babak final," katanya.

Finalis akan mengikuti kegiatan karantina selama empat hari di Jakarta pada 29 September-2 Oktober 2012.

Dewan Juri akan menetapkan pemenang ajang itu pada 2 Oktober 2012 bersamaan dengan peringatan Hari Batik di Balai Kartini, Jakarta.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai, beasiswa S2, dan menjadi duta kebudayaan dan pariwisata Indonesia dalam berbagai kegiatan di dalam maupun di luar negeri.

(H016)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga