Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan pihaknya akan membantu mencarikan lapangan pekerjaan bagi narapidana yang sudah dinyatakan bebas.

"Kami akan membantu mencarikan lapangan pekerjaan sekaligus memberikan pelatihan atau keterampilan untuk mereka (narapidana yang sudah bebas)," kata Fauzi usai upacara pemberian remisi kepada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas I Cipinang, Jakarta, Jumat.

Menurut Fauzi, narapidana yang sudah bebas kerap kali mendapat cap negatif ketika kembali ke tengah-tengah masyarakat, sehingga sulit diterima oleh lingkungan sekitar.

Meskipun sempat terlibat dalam tindakan pidana, sambung Fauzi, para narapidana juga merupakan bagian dari warga DKI Jakarta.

"Oleh karena itu, kami akan selalu memberikan dukungan penuh kepada mereka (para napi), sehingga dapat melanjutkan kehidupannya sesuai dengan norma-norma yang berlaku," ujar Fauzi.

Fauzi berharap dengan seluruh proses hukum yang telah dilalui selama di dalam LP, para narapidana mendapatkan efek jera, sehingga tidak akan mengulangi perbuatan kriminal yang sama di masa depan.

"Ketika kembali ke masyarakat, semoga mereka (para napi) dapat menjadi panutan bagi lingkungan sekitarnya, sehingga warga tidak tergoda untuk melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum," ungkap Fauzi.

Sebagai informasi, sebanyak 58.595 orang narapidana dan anak didik pidana di LP Cipinang memperoleh remisi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-67.

(T.R027)



(T.R027/B/R021/R021) 17-08-2012 20:28:33