Sabtu, 25 Oktober 2014

Komponis "Star Wars" raih penghargaan seumur hidup

| 2.031 Views
id john williams, penghargaan seumur hidup, classical brits award, star wars, oscar, academy award
Komponis
Komponis besar John Williams (wikipedia)
London (ANTARA News) - Classical Brits Award akan memberi penghargaan prestasi seumur hidup kepada komponis peraih lima Oscar John Williams, Oktober mendatang di London, Inggris.

Williams memenangi Oscar pertamanya lebih dari 40 tahun lalu untuk film "Fiddler on the Roof", lalu kembali meraih patung terkenal itu untuk musik latar film "Jaws", "Star Wars", "E.T The Extra-Terrestrial", dan "Schindler's List".

Selain itu, dia telah hampir 50 kali masuk nominasi peraih Oscar sehingga membuatnya berada pada puncak pembuat komposisi soundtrack.

Pria Amerika Serikat berusia 80 tahu itu masih berkarya dan terlibat dalam film "Lincoln" yang akan keluar di AS akhir tahun ini.

"Bagi banyak orang, pengenalan pertama pada musik orkestra berskala besar menjadi pengalaman sinematik," kata Dickon Stainer dan Barry McCann, Ketua Panitia Classic BRIT Award, seperti dikutip Reuters.

"Mulai dari musik latar karya William Walton, Ralph Vaughan Williams, Erich Korngold, dan komponis modern lainnya, kekuatan emosi mereka telah menyenangkan penonton selama beberapa dekade.

"John Williams telah membuat beberapa musik latar yang patut dikenang selama setengah abad dan kami sangat gembira dia telah menerima baik Penghargaan Prestasi Seumur Hidup untuk kerja terbaiknya."

Selain membuat musik latar unutk berlusin-lusin film, Williams telah membuat 130 album studio, 49 album kompilasi, dan 23 single.

Dengan sudah 47 kali menjadi nominasi Academy Award, dia menjadi individu terekslusif kedua setelah Walt Disney.

Classical Brits yang disponsori MAstercard akan diadakan di Royal Albert Hall London 1 Oktober mendatang.

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga