Sabtu, 1 November 2014

Ban Ki-moon desak Abbas tak tinggalkan perundingan dengan Israel

| 2.861 Views
id sekjen pbb, ban ki-moon, perundingan palestina dengan israel, sekjen pbb desak abbas, presiden palestina, mahmud abbas
Ban Ki-moon desak Abbas tak tinggalkan perundingan dengan Israel
Sekjen PBB Ban Ki Moon (FOTO ANTARA/REUTERS/Rogan Ward)
PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon Senin mendesak Presiden Palestina Mahmud Abbas untuk tidak meninggalkan pembicaraan dengan Israel setelah gerakan Fatah menandatangani kesepakatan memerintah dengan Hamas.

Ban dan Abbas berbicara melalui telepon membahas kesepakatan yang ditandatangani di Qatar, yang ditujukan untuk mengakhiri perselisihan yang telah berjalan lama antara kedua gerakan Palestina itu, kata juru bicara Ban, Martin Nesirky.

Sekjen PBB "menunjukkan bahwa dua kegiatan - rekonsiliasi Palestina dan perundingan dengan Israel - tidak harus dilihat sebagai

bertentangan dan saling eksklusif," kata juru bicara itu.

Ban menambahkan bahwa PBB "konsisten mendukung rekonsiliasi Palestina dalam kerangka prinsip-prinsip PLO dan di bawah kepemimpinan Presiden Abbas."

Apa yang disebut "Deklarasi Doha" adalah upaya terbaru oleh gerakan-gerakan Palestina yang bersaing untuk menerapkan kesepakatan rekonsiliasi yang ditandatangani April lalu.

Deklarasi ini menyerukan Abbas untuk memimpin pemerintah konsensus sementara "teknokrat independen" mengawasi kegiatan rekonstruksi di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan untuk "memfasilitasi pelaksanaan pemilihan presiden dan parlemen."

Proses perundingan perdamaian Timur Tengah terhenti pada akhir 2010.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Abbas harus memilih untuk "meninggalkan jalur damai" jika ia menerapkan kesepakatan rekonsiliasi dengan Hamas.

Ban mengatakan pekan lalu saat berkunjung ke wilayah tersebut bahwa waktu untuk kesepakatan damai antara Israel dan Palestina telah lewat, tapi ia tidak menyerah.

Dia memuji upaya Raja Yordania Abdullah II untuk mengatur pembicaraan awal antara kedua pihak bulan ini meskipun hanya ada sedikit tanda kemajuan.





(Uu.SYS/C/H-AK/C/M016) 07-02-2012 12:06:17

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga