Sabtu, 20 September 2014

Parlemen Venezuela jelaskan kebijakan BBM di negaranya

Selasa, 27 Maret 2012 20:04 WIB | 3.068 Views
Parlemen Venezuela jelaskan kebijakan BBM di negaranya
Melani Leimena Suharli (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Anggota parlemen Venezuela menjelaskan pengelolaan bahan bakar minyak (BBM) di negaranya ketika berkunjung ke parlemen Indonesia, di Jakarta, Selasa.

"Kebijakan energi di negara kami eksplorasi minyak bumi sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat," kata anggota Parlemen Venezuela Enzo Cavallo Russo, pada saat berdialog dengan pimpinan MPR RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Anggota parlemen Venezuela yang berkunjung ke parlemen Indonesia yakni ketua delegasi Asdrubal Adrian Colina Soto, serta lima anggota delegasi yakni Veronica Sanabria, Enzo Cavallo Russo, Yorman A Aular Romero, Rosa Elena Martinez, dan Miriam Perez.

Delegasi anggota parlemen Venezuela diterima oleh Wakil Ketua MPR RI Melani Leimena Suharli, yang didampingi pimpinan fraksi di MPR RI yakni Rully Choirul Azawar (FPG), Anton Sukartono Suratto (FPD), Zainud Tauhid (FPPP), Aumaryati Aryoso (FGerindra).

Pada kesempatan tersebut, Enzo Cavallo Russo menjelaskan, kebijakan energi di Venezuela bermuara pada tujuh haluan strategis tujuan negara di antaranya, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui program pengentasan kemiskinan.

"Kalau pada beberapa tahun lalu, masih banyak rakyat yang buta huruf, saat ini hampir seluruh rakyat Venezuela sudah bersekolah dan bisa membaca," katanya.

Menurut dia, pemerintah Venezuela memberikan subsidi harga BBM kepada rakyat untuk membantu meningkatkan kesejahteraannya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Delegasi Parlemen Venezuela Asdrubal Adrian Colina Soto menjelaskan, parlemen di Venezuela di tingkat pusat beranggota sebanyak 165 orang dan di tingkat regional beranggota sebanyak 240 orang.

Tugas-tugas parlemen di Venezuela, menurut dia, ada 24 jenis di antaranya adalah menyusun rancangan undang-undang dan membahasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua MPR RI Melani Leimena Suharli menjelaskan, parlemen di Indonesia meliputi MPR RI, DPR RI, dan DPD RI.

MPR RI, kata dia, anggotanya merupakan gabungan dari DPR RI dan DPD RI.

Tiga fungsi utama MPR RI, kata dia, melantik dan memberhentikan presiden dan wakil presiden setiap lima tahun serta mengamandemen konstitusi.

Delegasi parlemen Venezuela juga berkunjung ke DPR RI yang diterima oleh Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKASAP) serta berkunjung ke DPR RI yang diterima pimpinan DPD RI.

(T.R024/R010)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga