Senin, 22 Desember 2014

Tak ada deformasi Gunung Lokon

| 1.224 Views
id gunung lokon, deformasi gunung, pengukuran deformasi, PVMBG
Manado (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung memastikan tidak ada deformasi badan Gunung Lokon, di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, meskipun terjadi peningkatan kegempaan.

"Kalau tidak ada penggembungan badan gunung berarti tekanannya lemah meskipun terjadi peningkatan kegempaan. Ini dibuktikan dengan hasil pengukuran deformasi," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon Farid Ruskanda Bina di Manado, Minggu.

Farid mengatakan, terjadinya peningkatan frekuensi kegempaan bisa diindikasikan terjadi kegiatan magmatik yang mengisi rongga-rongga atau sumbat lava menuju keseimbangan pascaletusan.

"Ini hanya perkiraan kami atas rekaman frekuensi kegempaan yang terus menerus terjadi tapi tidak diiringi dengan sebuah letusan. Gunung Lokon kemungkinan sementara menuju kepada tahapan itu," katanya.

Hingga saat ini, kata Farid, frekuensi kegempaan yang terekam masih cukup banyak dan bisa mencapai 40-50 kali dalam setiap enam jam.

Data kegempaan yang terekam sejak pukul 00.00- 18.00 WITA, Sabtu (28/9), satu kali gempa tektonik jauh, sembilan kali gempa embusan, 51 kali gempa vulkanik dalam, serta 126 kali gempa vulkanik dangkal.
(ANTARA)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga