Sabtu, 1 November 2014

Universitas Bengkulu terima 50 mahasiswa kedokteran

| 12.228 Views
id universitas bengkulu, fakultas kedokteran, pengampuan UI

Bengkulu (ANTARA News) - Universitas Bengkulu (Unib) Provinsi Bengkulu akan menerima mahasiswa fakultas kedokteran sebanyak 50 orang, baik melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi maupun jalur mandiri pada tahun ajaran 2012.

Ke-50 mahasiswa baru pada Fakultas Kedokteran tersebut, 20 orang melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan sisanya melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Universitas bengkulu (SPMU), kata Rektor Univeritas Bengkulu Prof dr Zainal Muktamar, di Bengkulu, Senin.

Ia menjelaskan, program studi kedokteran di Universitas Bengkulu masih relatif baru dan berada dalam pengampuan Universitas Indonesia.

Mahasiswa yang dipilih berasal dari mahasiswa umum yang diseleksi secara mandiri dan diseleksi secara nasional serta mahasiswa yang dikirim oleh kabupaten/kota dengan memberikan beasiswa kepada siswa-siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi kedokteran unib.

Khusus untuk jalur nasional mengalami peningkatan dari menerima sepuluh orang pada 2011 naik menjadi 20 orang pada tahun ajaran 2012 melalui seleksi SNMPTN.

Dari jumlah itu lima orang calon mahasiswa melalui jalur undangan dan 15 melalui jalur ujian tulis.

Ia mengatakan, peningkatan penerimaan mahasiswa tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan daya jangkau mahasiswa yang masuk ke Unib, meskipun meningkat tetapi Unib masih mempertahankan mahasiswa dari Bengkulu yang berprestasi agar bisa kuliah di fakultas kedokteran.

Humas Universitas Bengkulu Suharyanto mengatakan, pendaftar kedokteran tersebut terbanyak berasal dari Kota Bengkulu, bagi calon mahasiswa yang diutus dari kabupaten/kota unib akan memilih satu dari empat calon yang diajukan menggunakan metode 3N+1.

Pendaftaran ujian tulis jalur SNMPTN mulai dibuka pada 10-31 Mei 2012 dan pelaksanaan ujiannya dimulai pada 12-13 Juni 2012 serta hasilnya akan diumumkan pada 7 Juli 2012, sedangkan jalur SPMU akan dilakukan setelah SNMPTN selesai.

Program studi (Prodi) Kedokteran Unib yang dibuka sejak 2009 dan diperkirakan akan mewisuda angkatan pertama pada 2013, nantinya bisa membantu mengatasi kendala kekurangan tenaga dokter di daerah itu, ujarnya.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga