Selasa, 21 Oktober 2014

Obor Olimpiade diserahkan ke delegasi London

| 2.963 Views
id obor olimpiade, delegasi london
Athena, Yunani (ANTARA News) - Obor Olimpiade telah secara resmi diserahkan oleh Yunani ke penyelenggara Olimpiade London 2012 pada sebuah upacara di Athena, Kamis.

Presiden Komite Olimpiade Yunani, Spyros Capralos, menyerahkan obor Olimpiade ke Putri Anne di Stadion Panathenaic, tempat di mana diselenggarakan Olimpiade 1896.

"Dengan perasaan yang dalam dan rasa hormat saya serahkan api Olimpiade ini, semoga penyelenggaraan Olimpiade London berjalan lancar," kata Capralos.

Putri Anne, yang merupakan anak dari Ratu Elizabeth II, adalah mantan atlet Olimpiade dan sekarang menjabat sebagai Presiden Komisi Olimpiade Inggris, yang diketuai antara lain oleh Menteri Olimpiade Hugh Robertson dan Walikota London Boris Johnson.

"Selama delapan hari terakhir dua negara kita telah terhubung secara istimewa dengan semangat perdamaian dan persahabatan dari api Olimpiade dan nilai-nilai luhur dari ajang Olimpiade ini," kata Coe mengacu pada pengusungan obor Olimpiade yang dimulai sejak penyalaan api pekan lalu.

"Serah terima hari ini adalah peristiwa yang sangat penting karena api tersebut adalah milik dunia," kata dia.

Jutaan orang di Inggris sedang bersiap menyambut obor Olimpiade tersebut, kata dia.

"Musim panas ini kami akan menyambut dunia ke London dan kami menantikan peristiwa luar biasa tersebut yang akan membuka dan akan menggambarkan imajinasi dari dunia ini," kata dia.

Utusan Inggris Raya, termasuk di dalamnya bintang sepak bola David Beckham, akan meninggalkan Athena pada Jumat untuk mengusung obor Olimpiade ke Cornwall di Barat Daya Inggris untuk memulai perjalanan 70 hari mengelilingi Inggris Raya dan Irlandia.

Beckham, yang merupakan gelandang tim Los Angeles Galaxy dan mantan kapten timnas Inggris, adalah salah satu bagian dari tim pemenangan London untuk menggelar Olimpiade.

Ketika usaha terakhir kampanye pada 2005, Beckham mengatakan bahwa dia bermimpi suatu hari Olimpiade akan diadakan di London timur, tempat di mana dia dibesarkan.

Obor Olimpiade akan mulai dibawa lari beranting pada Sabtu di Land`s End, ujung barat daya Inggris, untuk mengawali perjalanan sejauh 12.875 kilometer mengelilingi Inggris Raya dan juga Irlandia.

Puncak dari perjalanan obor Olimpiade tersebut adalah di Stadion Olympic di London untuk upacara pembukaan pada 27 Juli.

Obor yang dinyalakan di kota kuno Olympia satu pekan lalu dan dibawa mengelilingi Yunani, telah dibawa ke Stadion Panathenaic, yang terbuat seluruhnya dari marmer, oleh atlet angkat besi Yunani peraih medali emas Olimpiade Pyrros Dimas dan pesenam China peraih medali emas Olimpiade Li Ning, yang juga menyalakan obor di Olimpiade Beijing 2008 lalu.

Dua mantan atlet tersebut juga membawa ranting pohon zaitun, yang dipotong dari pohon zaitun tertua di dunia di Pulau Kreta, sebagai simbol perdamaian.

Ribuan penonton mendatangi upacara singkat tersebut walaupun cuaca tidak cerah.

Pengawal kepresidenan Yunani, yang mengenakan pakaian tradisional, dan orkestra philharmonic kota Athena menjadi bagian dari upacara yang juga menampilkan para seniman berpakaian putih sebagai pendeta kuno dalam formasi lingkaran, demikian AFP.

(SYS/A059/A011)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga