Selasa, 23 Desember 2014

Tiga kabupaten berbatasan darat dengan Timor Leste

| 2.242 Views
id kabupaten perbatasan
Kupang  (ANTARA News) - Kepala Badan Pengelola Perbatasan Nusa Tenggara Timur Eduardus Gana mengatakan secara administrasi perbatasan darat di Timor bagian barat dengan Timor Leste meliputi tiga kabupaten dan 10 Kecamatan.

Ketiga kabupaten itu adalah Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Belu," katanya di Kupang, Senin.

Kabupaten Kupang memiliki satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan Timor Leste yaitu oepoli di Kecamatan Amfoang Utara.

Kabupaten Timor Tengah Utara meliputi Kecamtan Miomafo Barat, Miomfo Timur dan Kecamatan Insana Utara.

Kabupaten Belu terdiri dari Kecamatan Malaka Timur, Tasifeto Barat, Tasifeto Timur, Lamaknen, Kecamatan Rehaat dan Kecamatan Kobalima.

Ia mengatakan daerah perbatasan tersebut memiliki garis wilayah darat antara Indonesia dan Timor Leste di Nusa Tenggara Timur bagian Barat sepanjang 268,8 kilometer.

"Untuk masing-masing dari total kawasan perbatasan Negara di daratan di Timor Barat dengan Timor Leste meliputi 3 wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Belu sepanjang 149,9 km dihitung dari Motaain di Utara sampai Mota Masin di selatan.

Sementara katanya panjang perbatasan pada wilayah enclave Ambenu dengan Kabupaten Kupang sepanjang 15,2 Km dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sepanjang 114,9 Km.

"Salah satu aspek penting dalam pengelolahan wilayah perbatasan yang belum dituntaskan adalah mengenai wilayah perbatasan," katanya.

Selain perbatasan darat, ada juga perbatasan laut wilayah NTT dengan Timor Leste meliputi 4 kabupaten, 5 Kecmaatan yaitu Kabupaten Kupang meliputi Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Belu terdiri dari Kecamatan Tasifeto Barat, Kecamatan Kobalima.

Kabupaten TTU Kecamatan Insana Utara dan Kabupaten Alor dengan Kecamatan Alor Barat Daya.

"Jadi salah satu aspek penting dalam pengelolahan wilayah perbatasan yang belum dituntaskan adalah mengenai wilayah perbatasan," katanya.
(ANT-084)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga