Rabu, 1 Oktober 2014

Ical pertimbangkan Ibas cawapres

Rabu, 20 Juni 2012 19:05 WIB | 2.915 Views
Ical pertimbangkan Ibas cawapres
Aburizal Bakrie (ANTARA)
Madiun (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie menyatakan akan mempertimbangkan Edhi Baskoro Yudhoyono alias Ibas, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, untuk menjadi kandidat calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2014, mendampingi dirinya.

Wacana tersebut muncul menyusul adanya pertanyaan dari sejumlah kadernya tentang adanya kemungkinan koalisi antara Partai Golkar dengan Partai Demokrat dalam pertemuan di Madiun, Rabu.

Selain itu, juga menanggapi tentang adanya poster ucapan selamat datang yang diucapkan Ibas kepada Aburizal Bakrie, yang dipasang di sejumlah titik daerah pemilihan VII, antara lain di Ngawi dan Magetan.

"Ibas bagus. Ia anak muda yang pandai dan berasal dari keturunan keluarga baik-baik. Terlebih putra Presiden. Ia bisa menjadi apa saja, termasuk calon wakili presiden mendampingi calon yang diusung Golkar," ujar Aburizal Bakrie di hadapan ratusan kader Golkar saat mengadakan kunjungan di Desa Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.

Menurut Ical sapaan akrab Aburizal Bakrie, profil Ibas sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat dan putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, telah menjadikan ia layak diperhitungkan untuk mendampingi dirinya dalam pemilihan presiden mendatang.

Meski demikian, Partai Golkar masih membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi siapa saja tokoh yang dianggap potensial untuk menjadi cawapres.

Sebelumnya, sejumlah nama telah disebut-sebut layak untuk menjadi cawapres mendampingi Ical. Seperti, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang kini sebagai Gubernur DI Yogyakarta, Soekarwo yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, dan lainnya.

"Pakde Karwo, Pak Sultan, juga Ibas, semuanya sangat mungkin. Partai Golkar Kalimantan Timur juga mengusulkan Pak Pramono Edhie Wibowo menjadi cawapres," kata dia.

Ia menambahkan, Partai Golkar baru akan membahas mekanisme penentuan kandidat cawapres dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Juli mendatang.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur mengusulkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo sebagai kandidat cawapres mendampingi Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie dalam Pilpres 2014 mendatang.

"Kami mengusulkan Pakde Karwo (Soekarwo) yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi Pak Aburizal. Keputusan tersebut akan dibacakan dalam Rapimnas Partai Golkar yang akan digelar pada Juli 2012 mendatang," ujar Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Martono saat mengikuti kunjungan Aburizal di Kabupaten Ngawi, Madiun, dan Ponorogo.

Martono menjelaskan, alasan memilih Soekarwo karena yang bersangkutan dianggap memiliki kemampuan dan kapasitas yang mumpuni sebagai pemimpin nasional. Selain itu, potensi sosial dan politik di Jawa Timur yang sangat tinggi. Penduduk Jawa Timur paling banyak dan jumlah pemilihnya juga paling banyak.

(ANT-072)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga