Sabtu, 25 Oktober 2014

Kecewa dengan Twitter, anggota parlemen bikin jejaring sosial baru

| 6.149 Views
id lousise mensch, menschn.com, jejaring sosial, media sosial, twitter, media sosial
Kecewa dengan Twitter, anggota parlemen bikin jejaring sosial baru
Louise Mensch meluncurkan situs microblog untuk menyaingi Twitter, jejaring sosial baru itu diberi nama Menschn (menshn.com)
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Parlemen Inggris dari kubu Konservatif Louise Mensch meluncurkan situs microblog untuk menyaingi Twitter. Jejaring sosial baru itu diberi nama Menschn.



Louise Mensch awalnya adalah pengguna Twitter yang sangat produktif dengan pengikut mencapai 60.000 lebih tetapi dia mengaku jadi frustasi dengan Twitter.



Situs barunya, Menshn, dibuat dengan tujuan  tetap menjaga topik percakapan dan dengan 180 karakter alias 40 karakter lebih banyak dari Twitter.



Situs itu dimiliki Louis Menshn bersama mantan penasehat bidang digital untuk partai buruh, Luke Bozier.  Siitus itu baru bisa digunakan di Amerika Serikat tetapi akan diluncurkan di Inggris sebelum Olimpiade.



Topik yang diperbincangkan kini terbatas hanya pada isu pemilihan AS tetapi Mensch berjanji akan memperluas topik sesuai minat pengguna.



Ketika anggota baru bergabung, mereka akan memilih 100 topik secara acak, sama seperti menjadi pengikut di Twitter.



"Bukan berarti mengesampingkan forum politik yang ada, tapi kami melihat tidak ada ruang untuk membicarakan politik saat ini. Twitter tidak mengelompokkan topik tertentu tetapi di Menschn anda akan memiliki kanal sendiri untuk membicarakan topik yang anda sukai," kata Bozier seperti dilansir BBC.



Pengguna Twitter dapat mengelompokkan topik tertentu dengan menggunakan hastag atau mencari dengan kata kunci tertentu dan memilih Tweet siapa yang akan mereka ikuti.



Situs baru ini telah mendapat reaksi tidak menyenangkan dari pengguna Twitter dengan menganggap Mensch sebagai seorang yang sombong dan memprediksi situsnya tersebut akan gagal.



Louise Mensch mengatakan  nama situs tersebut tidak diambil dari namanya, karena berbeda secara pengucapan, dan nama situs ini mirip ketika menyebut kata "mention".



Pengguna yang mengetik "menschn.com" di browser akan langsung terbuka dengan situs Kampanye Pelucutan Senjata Nuklir, cnduk.org.



Mensch yang awalnya merupakan seorang novelis "Chick lit" sebelum menjadi anggota parlemen pada 2010 berharap situs ini akan menarik pengguna Twitter yang "kecewa'.



"Ide ini sudah ada sejak Natal kemarin. Saya menjadi pengguna aktif sosial media sejak zman chat di AOL dan sejak itu sangat terinspirasi," kata Mensch.

(ans)



Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga