Senin, 20 Oktober 2014

Profil semifinalis: Spanyol

| 2.077 Views
id andres iniesta, barcelona, timnas spanyol, piala eropa 2012, euro 2012
Profil semifinalis: Spanyol
Andres Iniesta menonjol di antara sekumpulan pemain berkelas dunia yang bercokol di timnas Spanyol (AFP)
Kehilangan David Villa dan Carles Puyol membuat La Furia Roja relatif goyah
Jakarta (ANTARA News) - Spanyol sejauh ini telah tampil memukau di Piala Eropa 2012. Mereka mempertahankan gaya sepak bola "tiki-taka".

Gaya itu membawa Spanyol makin dekat untuk mencetak rekor negara pertama yang memenangkan tiga turnamen besar berturut-turut, seperti dilansir dari laman UEFA.

Taktik: Spanyol memulai semua pertandingan dengan formasi 4-3-3. Salah satu gelandang penting, Sergio Busquets atau Xabi Alonso, menyusup di antara Gerard Pique dan Sergio Ramos untuk bertransformasi ke formasi 3-4-3 yang menyerang.

Perdebatan tidak pernah berhenti apakah strategi No. 9 tanpa striker yang diwakili Cesc Fabregas ini lebih bermanfaat.

Pemain kunci: Andres Iniesta menonjol di antara sekumpulan pemain berkelas dunia yang bercokol di timnas Spanyol.

Biasanya dialah yang mengumpan bola satu-dua kali sebelum gol dicetak. Iniesta juga telah dua kali mengangkat penghargaan the Carlsberg Man of the Match.

"Tahun demi tahun berlalu, Anda belajar dan mengemban lebih banyak tanggung jawab. Sekarang adalah masa terbaik ketika saya merasa nyaman di timnas Spanyol, saya harap itu akan berlangsung lama," kata Iniesta.

Kehilangan David Villa dan Carles Puyol membuat La Furia Roja relatif goyah sehingga kesulitan mengonversi peluang menjadi gol. Saat Silva dan Fabregas berduet di lini depan, kecepatannya kurang berkobar.

Media massa di Spanyol mengelu-elukan Xabi Alonso yang merayakan pertandingan internasionalnya ke-100 dengan mencetak 2 gol di laga melawan Prancis. Judul berita utama "Ooh lala Xabi" adalah salah satu contohnya.

Bagi skuad La Furia Roja, "Kekalahan bukanlah bencana, meremehkan filosofi sepakbola kami adalah bencana, dan itu tidak akan pernah kami lakukan". (nan)

 

Penerjemah: Nanien Yuniar

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga