Senin, 22 Desember 2014

Situs Bung Karno di Kabupaten Ende dipugar

| 2.443 Views
id bung karno, situs bung karno, rumah bung karno di ende,
Bila berjalan sesuai rencana, maka pemugaran lokasi bersejarah ini akan selesai pada 1 Juni 2013 dan siap diresmikan Wakil Presiden Boediono
Ende, Flores (ANTARA News) - Situs Bung Karno di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai dipugar.

Pemugaran tersebut telah dimulai pada 23 Juni lalu kata Dimas, koordinator pekerja dari Yayasan Ende Flores yang bertugas mengawasi pemugaran bangunan bersejarah itu.

Situs Bung Karno adalah tempat hunian Bung Soekarno ketika diasingkan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 1934-1938 dari pulau Jawa karena aktivitas politiknya bersama Partai Nasional Indonesia.

"Kami melakukan pemugaran secara totol, mulai dari dinding, lantai sampai atap tetapi tidak mengubah bangunan lama," kata Dimas.

Dia mengatakan, setelah pemugaran bangunan tempat kediaman mantan Presiden RI itu, akan dilanjutkan dengan pemugaran taman perenungan Bung Karno, termasuk patung Bung Karno yang terletak di lapangan Pancasila, Ende.

Dalam laman resmi Wakil Presiden yang dipublikasikan pada Minggu (20/5), disebutkan bahwa jika pemugaran itu berjalan sesuai dengan rencana maka lokasi bersejarah itu akan selesai pada 1 Juni 2013.

"Bila berjalan sesuai rencana, maka pemugaran lokasi bersejarah ini akan selesai pada 1 Juni 2013 dan siap diresmikan Wakil Presiden Boediono," tulis laman resmi wapres.

Wapres adalah Dewan Pembina dalam Yayasan Ende Flores. Yayasan ini memiliki program melestarikan situs bersejarah di Ende, terutama yang berkaitan dengan aktivitas Bung Karno selama menjalani pembuangan politik di Ende tahun 1934-1938.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga