Jumat, 24 Oktober 2014

27 juta penduduk Indonesia alami obesitas

| 4.198 Views
id penderita obesitas, penduduk indonesia
27 juta penduduk Indonesia alami obesitas
obesitas (Fickr/tobyotter)
11,7 persen dari keseluruhan penduduk Indonesia.
Jakarta (ANTARA News) - Dokter spesialis gizi dari RSCM-FKUI De. Inge Permadhi, MS, SpGK, mengatakan bahwa berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia pada 2010, menunjukkan 27,7 juta jiwa penduduk Indonesia berusia di atas 18 tahun, mengalami obesitas.

"Jumlah ini sama dengan 11,7 persen dari keseluruhan penduduk Indonesia," ujar Inge saat memberi penjelasan mengenai obesitas pada sebuah jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Ia memaparkan obesitas kini merupakan penyebab kematian kedua tertinggi di dunia setelah dampak yang disebabkan dari merokok.

"Ini karena obesitas berkaitan erat dengan risiko seseorang terkena komplikasi seperti penyakit tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, serangan stroke, diabetes, bahkan kanker," kata dia.

Namun, American Journal of Preventive Medicine pada tahun 2010, menyatakan bahwa obesitas adalah penyebab kematian yang dapat dicegah.

"Ini terkait dengan gaya hidup, pola hidup dan pola pikir seseorang yang tingkat kesadaran untuk sehat masih sangat rendah," kata Inge.

(M048)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga