Senin, 22 Desember 2014

Militer Suriah rebut kubu gerilyawan di bagian utara

| 3.428 Views
id krisis suriah, militer kuasai wilayah, kota utara, Khan Sheikhoun
Tentara (Suriah) Baru mundur dari kota kecil tersebut semalam, setelah kehabisan amunisi. Militer (Presiden Suriah Bashar) al-Assad menguasainya.
Beirut (ANTARA News/Reuters) - Militer Suriah merebut kubu gerilyawan di Provinsi Idlib di Suriah utara, Khan Sheikhoun, setelah satu serangan terhadap kota kecil itu dengan dukungan helikopter, kata juru bicara gerilyawan, Jumat.

"Tentara (Suriah) Baru mundur dari kota kecil tersebut semalam, setelah kehabisan amunisi. Militer (Presiden Suriah Bashar) al-Assad menguasainya," kata Abu Hamam, Juru Bicara gerilyawan yang melarikan diri ke satu desa yang berdekatan.

"Mereka membakar rumah. Mereka telah membakar rumah saya. Saya melihat asap menyelimuti langit dari tempat saya berada sekarang," ia menambahkan, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau ANTARA News di Jakarta, Jumat malam.

Para pegiat mengatakan 80 persen warga telah melarikan diri sejak Kamis (5/7). Selain itu 200 orang telah ditahan sejak Rabu.

Khan Sheikhoun, kota kecil yang dihuni oleh lebih dari 70.000 warga di pedesaan Provinsi Idlib, dilalui jalan raya barat --yang menghubungkan Ibu Kota Suriah, Damaskus, dengan Aleppo.

Kota kecil itu telah menjadi salah satu front yang diperebutkan oleh militer Suriah, yang bertujuan memadamkan aksi perlawanan 16-bulan terhadap Bashar.

Gerilyawan menyatakan mereka telah menderita kekalahan besar selama pertempuran yang bertambah sengit Rabu malam. "Yang sekarang berlangsung adalah operasi yang sangat gencar, tampaknya Bashar telah mengerahkan semua militernya guna menggilas Khan Sheikhoun dan kota kecil di sekitarnya," kata Abu Hamam.
(C003)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga