Minggu, 26 Oktober 2014

Rupiah masih melemah Rabu sore

| 2.360 Views
id rupiah, nilai tukar rupiah, rupiah terhadap dolar AS, indeks harga saham gabungan, IHSG
Rupiah masih melemah Rabu sore
Nilai rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia tercatat Rp9.460 per dolar AS dari posisi sebelumnya Rp9.443 per dolar AS.(ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS masih melemah meski dalam kisaran sempit, sebesar 10 poin, pada Rabu sore, seiring menguatnya permintaan dolar AS sebagai penjaga nilai aset.

Nilai tukar mata uang rupiah yang dalam transaksi antarbank di Jakarta bergerak menjadi Rp9.450 per dolar AS dari posisi sebelumnya Rp9.440 per dolar AS.

"Hasil pertemuan menteri keuangan negara kawasan Euro (ECOFIN) gagal meredakan kecemasan terhadap memburuknya krisis di kawasan itu, kondisi itu mendorong permintaan dolar AS terus meningkat," kata pengamat pasar Monex Investindo Futures Johanes Ginting.

Ia mengatakan, pertemuan ECOFIN tidak menghasilkan kemajuan apapun terkait wacana pengaktifan fasilitas dana talangan untuk menenangkan gejolak di pasar obligasi.

Bahkan, kata dia, Jerman memutuskan untuk menunda dana bantuan Uni Eropa yang dikenal dengan European Stability Mechanism (ESM) karena situasi pasar masih belum kondusif.

Selain itu, lanjut dia, menteri keuangan kawasan Euro juga sepakat memberikan waktu ekstra hingga 2014, untuk pencapaian target pemangkasan defisit Spanyol.

"Imbasnya, nilai tukar berisiko termasuk rupiah terkena dampak negatif dari Eropa," kata dia.

(KR-ZMF)


Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga