Rabu, 17 September 2014

Rupiah Jumat pagi melemah 36 poin

Jumat, 13 Juli 2012 09:56 WIB | 2.657 Views
Rupiah Jumat pagi melemah 36 poin
Rupiah (FOTO.ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Pergerakan mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Jumat pagi melemah sebesar 36 poin seiring revisi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 6,1 persen - 6,5 persen.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Jumat pagi bergerak melemah 36 poin menjadi Rp9.490 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.454 per dolar AS.

"Revisi pertumbuhan ekonomi dalam negeri dari 6,3 persen - 6,7 persen menjadi 6,1 persen - 6,5 persen merupakan salah satu sentimen negatif nilai tukar dalam negeri terhadap dolar AS," kata analis Milenium Danatama Sekuritas Abidin di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan, revisi pertumbuhan itu dipicu dari perlambatan ekonomi global seiring belum adanya kebijakan penanganan krisis di Eropa.

Meski demikian, lanjut dia, pergerakan rupiah masih dinilai stabil. Bank Indonesia (BI) juga masih berada di pasar untuk menjaga nilai tukar domestik agar tidak tertekan terlalu dalam.

Pengamat pasar Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih mengatakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih berada dalam tren pelemahan.

Ia menambahkan, Bank Dunia memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh enam persen pada 2012, sedangkan proyeksi dana moneter internasional (IMF) untuk Indonesia di 6,2 persen.

"Demi menjaga momentum pertumbuhan, kami perkirakan BI rate bisa turun 25 bps hingga akhir tahun menjadi 5,5 persen," kata dia.

Untuk inflasi, lanjut dia, BI meyakini masih dalam target kisaran antara 4,5 persen kendati ada potensi ekspektasi yang naik untuk dua bulan kedepan.

(Ant)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga