Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 27 Pembalap mengikuti musim kedua kejuaraan balap C-Coupe Touring Car Championship (CCTC) yang diadakan oleh Mercedez-Benz di Sirkuit Sentul.

CTCC dibagi menjadi tiga kelas yaitu master, promotion dan novice. Di kelas master terdapat juara bertahan Fitra Eri, Renaldi Hutasoit, Rally Marina, Rudi S Laksmana, Boutros Hadiyanto, dan pembalap legendaris Chandra Alim yang akan bertarung dengan beberapa pembalap dari dua kelas lainnya.

Mobil yang digunakan pada kejuaraan kali ini adalah Mercedez-Benz C180 CGI Coupe terbaru dan khusus didatangkan langsung dari Jerman. Mesin C180 CGI masih menggunakan versi standar berkapasitas 1796cc yang mampu menghasilkan 156 tenaga kuda.

Mobil tersebut juga tidak mengalami perubahan spesifikasi pada komponen mesin, transmisi, dan gardan. Meski standart, namun transmisi yang digunakan pada mobil untuk balapan ini berbeda dengan unit standart yang dijual di tanah air.

"Agar event kompetisinya lebih terasa kami menggunakan transmisi manual," kata Dept. Manager External Affair & PR Mercedez Benz, Dwi Parileksono, setelah balapan selesai di Sentul, Minggu.

Kejuaraan ini akan berlangsung dalam enam kali balapan. Empat balapan awal digelar pada 2012 dan dua balapan sisanya pada 2013.

"C-Clas Touring Championship kali ini diadakan untuk membuktikan performa tinggi Mercedez tidak hanya bisa dirasakan di jalan raya, tapi juga di arena balap," kata Presiden Direktor Mercedez Benz Indonesia, Claus Wedner dalam rilisnya.

Hadiah yang ditawarkan untuk Juara umum CCTC 2012-2013 yaitu satu unit micro-car premium smart passion cabrio, dan untuk runner-up disediakan satu unit sepeda motor.

(lod)