Teheran (ANTARA News) - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mihmanparast mengatakan bahwa Iran berharap Presiden Mesir Muhammad Moursi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok di Teheran.

Berbicara kepada Laman Surat Kabar Iran, MihmanParast mengatakan bahwa Gerakan Non Blok memiliki lebih dari 120 negara anggota dan Iran harus mengundang semua kepala negara tersebut.

Dia menambahkan bahwa mayoritas surat undangan telah sampai kepada para kepala negara anggota dan pengiriman surat undang mereka telah hampir selesai.

Juru bicara itu memperkirakan bahwa lebih dari 30 presiden akan menghadiri pertemuan tersebut.

Mengenai Presiden Moursi, ia mengatakan bahwa Mesir bergerak menuju situasi baru dan alami, dan dalam kondisi ini Presiden Moursi lebih menarik bagi media dan rakyat.

Mihmanparast mengatakan, Presiden Ahmadinejad, dalam pembicaraan telepon, mengundang Presiden Moursi untuk menghadiri pertemuan puncak GNB itu.

Dia menyatakan harapan bahwa dengan pengalihan kepemimpinan Gerakan Non Blok dari Mesir ke Iran, Presiden Moursi akan dapat menghadiri pertemuan.

(H-AK)