Sabtu, 1 November 2014

48 peziarah Iran diculik di Damaskus

| 3.005 Views
id peziarah iran, penculikan damaskus
Teheran (ANTARA News) - Sejumlah 48 peziarah Iran diculik dari bus di ibu kota Suriah pada Sabtu, kata kepala konsuler kedubes mereka di Damaskus kepada televisi Iran.

"Kelompok teroris bersenjata menculik 48 peziarah Iran ketika mereka dalam perjalanan menuju bandara," kata Majid Kamjou kepada stasiun televisi IRIB, yang menyiarkan laporan itu di Internet-nya.

"Tidak ada laporan tentang nasib para peziarah itu. Para pejabat Kedubes Iran dan Suriah sedang berusaha mencari para penculik," katanya.

Ratusan ribu warga Iran mengunjungi Suriah setiap tahun untuk mengunjungi satu tempat suci Syiah, Masjid Zaynab di Damaskus.

Teheran adalah sekutu kuat Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang pasukannya terlibat konflik berdarah di Damaskus dan kota-kota lainnya melawan pemberontak yang pemerintahnya sebut sebagai "teroris-teroris",

Puluhan peziarah dan teknisi Iran diculik Desember dan Januari, dengan sebagian besar dibebaskan bebrapa bulan kemudian.

Banyak dari pemberontak berasal dari mayorias Sunni Suriah, yang memusuhi dukungan Iran pada pemerintah Bashar yang berasal dari suku Alwi, satu bagian dari Syiah, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RN/B002)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca