Jumat, 24 Oktober 2014

Pemkab Solok koordinasikan tapal batas dengan Sawahlunto

| 2.882 Views
id sawahlunto, kabupaten solok, tapal batas sawahlunto
Arosuka, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat akan segera mengkoordinasikan masalah tapal batas dengan Pemerintah Kota Sawahlunto untuk memperjelas batas wilayah kedua daerah.

"Kita akan mengadakan pembicaraan dengan Pemkot Sawahlunto sehingga polemik terkait tapal batas ini bisa diselesaikan," kata Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Kabupaten Solok Rerizaldi di Arosuka.

Menurut dia, langkah terbaik untuk memperjelas tapal batas tersebut adalah dengan berkoordinasi sehingga bisa menemukan titik terang.

"Pada intinya persoalan tapal batas ini merupakan masalah administratif bukan persoalan tanah ulayat," jelasnya.

Karena itu dia berharap kepada masyarakat di daerah perbatasan untuk menghindari konflik karena bisa merugikan masyarakat, sebab setiap persoalan akan ada jalan keluarnya.

Sebelumnya masyarakat Nagari atau desa ada Sibarambang meminta kepada Pemkab Solok untuk memperjelas tapal batas dengan Kota Sawahlunto.

"Beberapa waktu lalu terjadi kericuhan antara masyarakat dua daerah ini disebabkan tidak jelasnya batas kedua wilayah," kata Wali Nagari atau kepala desa adat Sibarambang Agusril.

Dia menyebutkan, akibat persoalan itu pernah salah seorang warga setempat, Jefri (58) mengolah lahan yang sudah lama tidak digarap, kemudian dia dilaporkan oleh warga Sawahlunto ke kepolisian Sektor setempat karena diduga merampas tanah.

"Sampai saat ini lahan tersebut tidak bisa digarap karena masih dalam pengawasan polisi. Agar hal semacam itu tidak berlarut-larut, kami minta pemkab turun tangan," katanya.

(ANTARA)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga