Minggu, 21 Desember 2014

Pemkab Gorontalo Utara bentuk koperasi konsumsi

| 2.191 Views
id pemkab gorontalo utara, kabupaten gorontalo utara, pendirian koperasi, mendirikan koperasi,
Koperasi konsumsi TKBM diharapkan mampu menyejahterakan anggotanya, agar tidak terjadi kredit macet
Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, membentuk koperasi konsumsi khusus koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Anggrek.

Bupati Indra Yasin, Kamis, mengatakan, pembentukan koperasi konsumsi tersebut berupa bantuan tambahan pendanaan untuk menunjang permodalan koperasi TKBM yang dinilai mampu menjalankan sistem pengelolaan koperasi yang sehat.

Hal itu diungkapkannya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi TKBM, yang diikuti 270 anggota dan para pengurusnya, yang diminta untuk terus membenahi administrasi akuntansi dan pembukuannya menjadi lebih baik lagi, agar seluruh anggota dapat mengetahui kondisi neraca keuangan koperasi tersebut.

Sistem pengelolaan yang baik dan sehat di koperasi TKBM Anggrek, diharapkan mampu menjadikannya sebagai koperasi modern ditunjang dengan manajemen yang baik.

Bupati mengatakan, indikator koperasi yang baik dan sehat adalah, sikap keterbukaan para pengurus koperasi terhadap kondisi keuangan sehingga seluruh anggota dapat mengetahui sumber dana, saldo dan kondisi keuangan koperasi.

Serta sistem pembukuan yang baik, yang mampu mencatat seluruh transaksi keuangan, sehingga para pengurus koperasi berlaku sehat tanpa ada yang saling mencurigai termasuk anggotanya bisa melakukan kredit usaha dengan baik.

"Koperasi konsumsi TKBM diharapkan mampu menyejahterakan anggotanya, agar tidak terjadi kredit macet," ujar Bupati.

Pemerintah daerah menyiapkan anggaran untuk membentuk koperasi konsumsi TKBM yang mampu memenuhi kebutuhan rumah tanggganya.
(MTO/H013)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga