Senin, 28 Juli 2014

"Tren indeks kualitas lingkungan meningkat"

Kamis, 9 Agustus 2012 17:05 WIB | 3.958 Views
Ilustrasi (ANTARA/Jessica Helena Wuysang)
Palembang (ANTARA News) - Menteri Negara Lingkungan Hidup (Menneg LH) Balthasar Kambuaya mengatakan bahwa tren indeks kualitas lingkungan di sejumlah daerah di Indonesia secara umum mengalami peningkatan.

"Tahun 2009 indeks kualitas lingkungan di Indonesia kurang begitu baik berada pada poin 57 kini mengalami peningkatan pada poin 61," kata Meneg LH ketika membuka seminar lingkungan yang digelar LSM Bakau di Palembang, Kamis.

Sedangkan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, sendiri indeks kualitas lingkungan pada tahun 2009 berada pada poin 60-an namun kini meningkat pada poin 75.

Peningkatan poin indeks kualitas lingkungan tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sangat peduli terhadap pelestarian lingkungan dan memahami betapa besarnya kerugian yang ditimbulkan dari dampak kerusakan lingkungan, kata menteri.

Dalam seminar yang mengusung tema "Masyarakat Kota Palembang Bertekad Melestarikan Bumi Hijau Sebagai Paru-paru Kota," menteri menjelaskan, dampak kerusakan lingkungan yang paling merasakannya adalah manusia karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Berbagai masalah kesehatan bisa timbul karena air yang diminum dan udara yang digunakan untuk bernapas kotor atau mengalami pencemaran berat, dan lingkungan tempat tinggal tidak sehat.

Selain masalah kesehatan, dampak dari kerusakan lingkungan bisa terjadinya banjir yang dapat menimbulkan kerugian harta benda serta korban jiwa, kemudian terjadinya perubahan iklim yang bisa berpengaruh pada musim dan hasil panen, ujar dia.

Masalah kerusakan lingkungan tersebut bisa dicegah jika upaya pelestarian lingkungan yang telah berjalan dengan baik selama ini terus ditingkatkan.

Untuk itu, pemerintah khususnya Kememterian Lingkungan Hidup akan terus mendorong dan memberikan apresiasi kepada masyarakat atau lembaga swadaya masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup seperti LSM Bakau Palembang ini, demikian Meneg LH menambahkan.
(Y009)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga