London (ANTARA News) - Jerman sukses mempertahankan gelarnya pada cabang hoki Olimpiade, setelah mengalahkan Belanda 2-1 dalam final, Sabtu malam waktu London (Minggu pagi WIB).

Jan Philipp Rabente sebagai pahlawan dengan mencetak dua angka kemenangan bagi Jerman, mengulang suksesnya pada Olimpiade Beijing 2008.

Pemain berusia 25 tahun itu mencetak dua gol untuk hat-trick medali emas bagi pelatih Markus Weise, yang juga melatih tim putri Jerman menjuarai final pada 2004, dan menjadi bagian dari pemain di Beijing 2008.

Rabente pahlawan yang tidak terduga, karena sebelum ke final Olimpiade London 2012, dia hanya mencetak enam gol dalam 77 kali penampilan internasionalnya. Ia juga satu-satunya pemain yang mencetak skor paling sedikit.

Ia mencetak gol pertama ke gawang Belanda sebelum babak pertama berakhir, dan Belanda menyamakan kedudukan pada babak kedua melalui Mink van der Weerden.

Rabente mencetak gol kedua untuk kemenangan Jerman pada lima menit menjelang babak kedua berakhir.

Dengan hasil itu, Belanda meraih perak, dan perunggu direbut Australia setelah mengalahkan tuan rumah Inggris Raya 3-1, demikian menurut laporan dalam laman resmi Olimpiade London 2012.

(*)